Bau badan tak sedap memang menjadi momok yang menakutkan bagi pria maupun perempuan. Bau badan yang tak sedap dapat membuat penampilan jadi kurang oke dan maksimal, kepercayaan diri pun seolah merosot jauh dan membuat tidak pede dengan tampilan sehari-hari jika dihantui oleh si bau badan tak sedap.

Baca juga: Ladies and Gentleman! Ini Lho Waktu yang Ideal Untuk Ganti Celana Dalam Anda

Bau badan timbul ketika bakteri yang berada di tubuh bertemu dengan keringat yang tidak memiliki bau dan berkembang biak. Bau yang dihasilkan merupakan pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit. Biasanya, hal ini terjadi pada masa pubertas karena meningkatnya hormon yang disebut androgen.

Meski ada banyak produk penghilang bau badan, tetapi produk-produk tersebut banyak yang mengandung bahan kimia berbahaya dan sebaiknya tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, banyak orang mencari cara yang lebih alami untuk menghilangkan bau badan.

Berikut ini ada beberapa tips mudah menghilangkan bau badan menggunakan bahan alami yang penting untuk disimak ataupun dicoba bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau keringat;

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Mandilah setidaknya satu kali sehari atau lebih saat sedang menjalani kegiatan harian yang memicu timbulnya banyak keringat pada tubuh Anda. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari dapat mengurangi jumlah bakteri pada kulit. Membersihkan tubuh secara menyeluruh terutama daerah rawan keringat, dapat mengurangi/menghilangkan bau badan Anda.

  • Gunakan Sabun Antibakteri

Anda dapat membersihkan tubuh dan ketiak dengan menggunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan bau badan. Setelah mandi menggunakan sabun antibakteri, keringkan tubuh Anda dengan sempurna hingga tubuh benar-benar kering. Kemudian pakailah pakaian yang sudah dicuci bersih, baju yang sering dipakai lalu digunakan kembali berulang-ulang bisa menyebabkan perkembangan bakteri di tubuh Anda hingga dapat menyebabkan bau badan tak sedap.

  • Baking Soda

Baking soda dapat dijadikan sebagai pengganti deodoran. Baking soda berguna untuk menetralkan asam dan basa, sehingga bisa menghilangkan bau badan yang tak sedap pada tubuh Anda. Selain itu, baking soda tidak akan menodai pakaian seperti antiperspirant yang banyak dijual di pasaran.

  • Cuka Sari Apel

Selain baking soda, cuka sari apel juga dapat menghilangkan bau badan. Tidak hanya bau badan, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi, diabetes, jerawat, dan lainnya.

  • Minyak Pohon Teh

Selain baking soda dan cuka sari apel, Minyak pohon teh juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Tidak hanya itu, minyak pohon teh ternyata dapat menghilangkan bau mulut, alergi kulit, jerawat, jamur kuku, dan kondisi medis lainnya.

Kini, untuk Anda yang memiliki masalah dengan bau badan, jangan khawatir lagi. Anda bisa mengikuti tips diatas untuk menghilangkan bau badan secara alami. Jika badan terawat dengan bersih dan terbebas dari bau tak sedap, tentu Anda akan lebih percaya diri lagi menjalani aktifitas sehari-hari. Selamat mencoba!

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here