Penyebab Ngantuk Setelah Makan
Penyebab Ngantuk Setelah Makan

Pernahkah kamu merasakan ngantuk sehabis makan? Pertanyaan ini mungkin akan disepakati dengan kata “Ya” dibandingkan “Tidak”. Rasa kantuk yang kerap kali timbul sehabis menyantap makanan rasanya sudah mendarah daging dan menjadi kebiasaan yang sulit dihindari. Apakah penyebab dari rasa kantuk yang timbul sehabis makan?

Rasa kantuk yang kerap kali timbul sehabis makan tentu sangat mengganggu aktivitas. Terlebih bagi para pekerja yang harus melanjutkan pekerjaan sehabis makan siang. Banyaknya faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, salah satunya jenis makanan yang di makan. Di lansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa penyebab dari rasa kantuk yang timbul selepas menyantap makanan.

  1. Kondisi Kesehatan

Jika rasa kantuk selalu muncul selepas menyantap makanan, bisa saja hal ini sebagai salah satu tanda penyakit, seperti anemia, sleep apnea, tiroid, celiac, alergi dan juga intoleransi makanan. Apabila kamu mengalami kantuk secara terus-menerus, ada baiknya kamu periksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan dan juga menghindari dari hal yang tidak diinginkan.

Penyebab kantuk selepas makan juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat gizi. Pastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung gizi yang cukup bagi tubuh dan kesehatan agar tidak mengganggu aktivitas mu sehari-hari.

  1. Jenis Makanan

Salah satu faktor yang memungkinkan rasa kantuk timbul sehabis makan adalah jenis makanan yang kamu konsumsi. Tubuh yang terlalu banyak memproduksi serotonin akan menjadi faktor utama yang menyebabkan kantuk itu timbul. Terlebih makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, ayam, ikan, tahu, keju, daging, serta makanan yang mengandung asam amino triptofan.

Penyebab Ngantuk Setelah Makan
Penyebab Ngantuk Setelah Makan

Bukan hanya makanan yang mengandung protein tinggi saja, makanan yang mengandung karbohidrat juga dapat membuat kamu merasakan kantuk sehabis makan. Untuk mencegah hal kantuk timbul, maka makanlah makanan dengan porsi yang seimbang, mulai dari sayuran, biji-bijian, hingga karbohidrat yang sesuai dengan prosinya. Tak lupa perbanyak air putih agar sistem pencernaan juga baik.

  1. Pola Tidur

Faktor kurang tidur saat malam hari menjadi salah satu kebiasan buruk yang mendukung rasa kantuk timbul sehabis makan. Kurang tidur di malam hari saja sudah membuat kamu merasa kantuk, bagaimana dengan kurang tidur lalu menyantap makanan? Tentu saja rasa kantuk itu akan terasa double. Maka mulailah perbaiki pola tidur kamu agar rasa kantuk mu tidak semakin buruk.

  1. Pengaruh Hormon dan Pencernaan

Apabila makanan yang kamu konsumsi sudah sesuai kadar dan porsinya, tubuh kamu juga memerlukan energi untuk proses pencernaan. Makanan yang dikonsumsi tersebut nantinya akan memacu munculnya hormon, seperti hormon amilin, glukagon dan kolesistokinin. Hormon inilah yang nantinya akan meningkatkan kadar gula darah yang menjadi energi bagi tubuh. Energi itulah yang nantinya membantu sistem pencernaan.

Rasa kantuk yang timbul selepas makan ini sebenarnya normal dan sah-sah saja terjadi. Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya kamu mulai memperbaiki pola makan, gaya hidup serta dukungan olahraga yang baik bagi tubuh kamu ya. Apabila rasa kantuk selalu muncul, ada baiknya kamu pergi ke dokter yang tepat untuk konsultasi dan mendapat penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here