Bruno 'Hitler' Ganz
Bruno 'Hitler' Ganz

Bruno Ganz merupakan seorang aktor berkebangsaan Swiss, yang dikenal dalam film Der Untergang (Downfall). Ganz sukses berperan sebagai Adolf Hitler, yang dianggap paling mendekati sosok diktator Nazi-Jerman tersebut. Perjalanan hidup dari seorang Bruno ‘Hitler’ Ganz tidaklah mudah hingga mencapai puncak karirnya.

Perjalanan hidup dari Bruno ‘Hitler’ Ganz berawal dari teater ke teater lainnya. Kala itu Ganz mendapatkan izin dari seorang teknisi lampu agar dirinya ikut serta dalam teater lokal. Sayangnya pihak keluarga tidak memberikan izin atas keinginan Ganz untuk menjadi seorang aktor.

Ayah Ganz merupakan seorang ahli mekanik berkebangsaan Swiss, sementara Ibu Ganz berasal dari Italia Utara. Ganz lahir di Zürich pada 22 Maret 1941. Semasa sekolah Ganz dikenal sebagai pekerja keras. Ia menjual buku sambil bersekolah.

Bruno 'Hitler' Ganz
Bruno ‘Hitler’ Ganz

Tekatnya untuk mempelajari dunia akting ia kembangkan dengan berlatih dan mengikuti kelas akting pada malam hari. Tahun 1960-an, Ganz memutuskan untuk meninggalkan Swiss dan pergi ke Jerman. Selama di Jerman, Ganz bekerja di sebuah teater. Kegigihannya membuat Ganz akhirnya berhasil menunjukan bakatnya di teater Schaubuehne di Berlin.

Sejak saat itu Ganz gencar melancarkan kemampuannya dalam berakting. Bukan hanya dalam dunia teater saja, Ganz pun mulai menjajal dan mendekat dengan para pekerja seni di bidang film. Ia bekerja dengan para sutradara handal seperti Werner Herzog, Wim Wenders dan Vilker Schloendorff.

Bruno 'Hitler' Ganz
Bruno ‘Hitler’ Ganz

Ganz memulai debutnya di dunia film sebagai figuran dalam film komedi berjudul Der Herr mit der Schwarzen Melone (1960). Ganz berperan sebagai seorang pelayan hotel pada film tersebut. Nama dan wajah Ganz mulai dilirik ketika ia berhasil mendapat kesempatan untuk menjadi pemeran utama dalam film American Friend (1977) dan Wings of Desire (1987). Pada film Wings of Desire, Ganz berperan sebagai seorang malaikat bernama Damiel.

Kemampuan akting dari seorang Bruno Ganz pun mulai diakui. Berkat perannya sebagai seorang malaikat, tawaran untuk bermain film pun berdatangan. Film-film yang berhasil ia bintangi mulai dari The Manchurian Candidate (2004), The Reader (2008), Unknown (2011), Night Train to Lisbon (2013), The House that Jack Built (2018) dan lain-lain.

Dari sejumlah daftar film yang berhasil ia perankan, karakter Ganz jauh melekat di hati para penggemar kala ia berperan sebagai Adolf Hitler dalam film Der Untergang (Downfall) yang dirilis tahun 2004. Film ini bisa dikatakan sebagai puncak dan titik balik dari seorang Bruno Ganz yang pantang menyerah dalam mengasah kemampuan.

Bruno 'Hitler' Ganz
Bruno ‘Hitler’ Ganz

Meskipun Ganz dikenal berkat perannya sebagai sang diktator, ia bukan aktor pertama yang berperan sebagai Adolf Hitler. Sebelumnya nama Charlie Chaplin, Anthony Hopkins, Udo Schenk dan Bobby Watson sudah lebih dulu memerankan sosok Adolf Hitler.

Bahkan setelah Ganz, nama David Bamber dan Martin Wuttke juga sempat merasakan berperan sebgai sosok diktator Nazi-Jerman tersebut. Namun, menurut para pengamat film, Ganz lah yang dirasa lebih pas dan mendalami perannya sebagai Adolf Hitler.

Ganz membutuhkan waktu sedikitnya empat bulan untuk meriset dan mendalami perannya sebagai Hitler. Mulai dari suara khas Hitler hingga mempelajari gerak tubuh. Semuanya ia lakukan demi profesionalitas dan kesungguhannya dalam berakting.

Sang aktor pemeran Hitler ini menghembuskan nafas terakhirnya pada 16 Februari 2019 lalu. Ia wafat dalam usia 77 tahun setelah berjuang melawan kanker usus yang menyerang tubuhnya sejak 2018 lalu. Ganz meninggal dunia di kediamannya di Wädenswil, Swiss.

Bruno ‘Hitler’ Ganz dikenang dalam penutupan Festival Film Berlin beberapa waktu yang lalu. Selama karirnya ia juga telah berhasil meraih Iffland-Ring, sebuah penghargaan terkemuka bagi para aktor berbahasa Jerman.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here