Ari Lasso, mengawali karir sebagai vokalis sebuah band. Ari Lasso memantapkan eksistensinya sebagai penyanyi solo. Melalui perjalanan yang panjang, saat ini namanya tercatat sebagai salah satu penyanyi pria terbaik di tanah air. Perjalanannya tidak mulus, banyak kerikil dan rintangan yang menghadang. Namun dukungan dari banyak orang, terutama keluarganya, menjadi penyemangatnya untuk tetap berkaya.

Ari Bernardus Lasso adalah penyanyi kelahiran Madiun, 17 Januari 1973. Sejak kecil ia sudah menyukai semacam Queen, Rolling Stones, The Police dan sejenisnya. Pada masa SMA, bersama Dhani, Erwin, dan Andra, Ari bergabung dalam Down Beat. Kemudian Dhani memasukan nama Wawan Juniarso yang berperan sebagai drummer, dan terbentuklah Dewa 19.

Karir musiknya diawali bersama DEWA 19, grup band yang telah membesarkan namanya. Bersama DEWA 19, Ari telah mengeluarkan 4 album, sebelum pada akhirnya ia keluar dari band papan atas ini.

Sekeluarnya Ari Lasso dari Dewa 19, Ia vakum dalam waktu yang cukup lama. Ari kembali ke Surabaya, di kota pahlawan ini ia memulai kembali karirnya dari titik nol. Ari bahkan tidak segan “mengamen” dari satu kafe ke kafe lainnya demi menghidupi keluarganya. Namun kisah pahit itu berakhir ketika Melly Goeslaw datang menawarkan single untuk dinyanyikan secara duet bersamaan.

Sempat tidak percaya diri, namun Ari menerima tawaran itu. Dan diluar dugaan, lagu berjudul “Jika” yang dinyanyikannya bersama Melly meledak di pasaran. Ari pun mulai percaya diri untuk melanjutkan proyek album solonya yang sempat tertunda.

Sebenarnya album solo pertamanya telah dipersiapkan sejak tahun 2007, namun permasalahan yang terjadi di antara Ari dan pihak label membuat penggarapan album solo ini tersendat-sendat. Setelah melalui proses yang panjang dan lama, pada bulan Agustus 2001 akhirnya album solo perdananya meluncur di pasaran. Ari pun sempat was-was, apakah album yang dikeluarkan akan segera laku atau malah akan tidak laku sama sekali.

Ternyata kekhawatirannya tidak terbukti, fans beratnya yang telah menunggu kembalinya Ia ke panggung hiburan tanah air, menyambut album tersebut dengan suka cita. Album bertajuk Sendiri Dulu ini meledak di pasaran dengan penjualan lebih dari 500 ribu copy dalam waktu 6 bulan sejak diluncurkan. Kariernya yang sempat meredup, kini bersinar. Ari pun optimis dan mulai mengerjakan materi untuk album keduanya.

Kesuksesan album perdananya menguatkan Ari, upayanya untuk lepas dari baying-bayang Dewa 19 berangsur terwujud. Masih mengusung musik yang mudah dicerna, ia juga banyak bekerjasama dengan banyak musisi dalam proses penggarapan album keduanya yang bertajuk “Keseimbangan”.

Tercatat nama Piyu Padi, Andra Dewa, Bebi Romeo, Ricky FM dan Marshal Dr,PM di album kedua ini. Juga satu nama yang dikabarkan tengah mengibarkan bendera perang kepadanya, Dhani Dewa yang menyumbangkan lagu Rahasia Perempuan yang menjadi single pertama di album yang bertajuk Keseimbangan ini. Kehadiran Dhani di album kedua ini berhasil menepis gosip ketegangan hubungan antara Ari dan Dhani selepasnya dari Dewa 19.

Album-album berikutnya yang ia luncurkan juga mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. Basis penggemarnya juga sudah mulai kuat, ia memanggil fansnya dengan sebutan Wong Alass. Wong Alass inilah yang selalu menjadi motivasinya dalam bermusik, Ari mengakui bahwa kehadiran fansnya yang membuat Ari selalu ingin berkarya. Tahun berlalu, sejak tahun 2012 Ari Lasso mengubah sebutan untuk para fansnya dengan nama Goodfelass.

Tak puas hanya dengan mengerjakan album solo, Ari mulai melirik kerjasama dengan musisi lain dalam bentuk duet. Mengikuti perkembangan zaman, Ari tidak menjadikan proyek kolaborasinya ini sebuah album, namun sebatas single. Single duet pertamanya berjudul “Satu Cinta”, dalam lagu ini Ari berduet dengan Sandy Canester. Seperti dugaan, single ini sukses menduduki berbagai tangga lagu di tanah air. Tidak puas dengan duetnya bersama penyanyi pria, Ari ingin mengulang kesuksesannya berduet dengan penyanyi wanita. Setelah sebelumnya ia berduet dengan Bunga Citra Lestari dalam lagu Aku Dan Dirimu yang masuk dalam album The Best Of Ari Lasso. Kali ini ia menggaet penyanyi muda yang juga seorang pemain sinetron, Ariel Tatum. Mereka berdua membawakan lagu “Karena Aku T’lah Denganmu”.

Semua karya Ari Lasso, tidak jauh dari dukungan sang istri Vitta Dessy dan seluruh fansnya hingga sampai bisa menggelar konser tunggal saat usianya ke 40 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here