Bimbo terbentuk pada tahun 1967, kurang lebih sudah 52 tahun lamanya Bimbo terbentuk sebagai sebuah grup musik yang terkenal sering membawakan lagu-lagu religi. Beberapa waktu lalu saat ditemui oleh tim kabarsidia.com, Pak Sam Bimbo yang memiliki nama lengkap Samsudin Hardjakusumah bercerita awal mulai bernyanyi sejak tahun 1948 ketika dirinya genap berusia 6 tahun dan pertama kali nyanyi di RRI Bandung.

Grup musik Bimbo terbentuk dari dalam rumah sendiri, Bimbo bersaudara pada awal bermusik justru tidak membawakan lagu-lagu religi, tetapi lagu pop saat Bimbo tampil di acara musik di negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Dan pada tahun 1972 barulah Bimbo hadir dengan membawakan lagu-lagu religi yang kini menjadi hits seperti Lebaran Sebentar Lagi, Sajadah Panjang, Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya, Rindu Rasul, Tuhan, Dan masih banyak lagi.

Diakui oleh Sam Bimbo, lahirnya musik Religi yang mereka bawakan menjadi pendobrak dunia musik karena pada era tersebut Bimbo menjadi grup musik pertama di dunia yang membawakan lagu religi.

Lagu-lagu religi yang menjadi hits dari Bimbo setiap tahun pasti diperdengarkan di mana-mana, “Malahan ada lagu Lebaran Sebentar lagi itu pasti diputer di mana – mana, bahkan saat memasuki hari pertama puasa pun lagu Lebaran Sebentar Lagi sudah di puter padahal puasa juga baru berjalan satu hari. Itu romantikanya membawakan lagu religi.” Ujar Sam Bimbo.

Awal terbentuk Bimbo merupakan pecahan dari band Aneka Nada yang sebelumnya sudah dijalani oleh Bimbo bersaudara dan teman-teman yang lain, namun saat itu tepatnya tahun 1965 Aneka Nada bubar dan terbentuklah Bimbo yang digawangi oleh 4 bersaudara Sam Bimbo, Acil Bimbo, Jaka Bimbo dan Iin Parlina.

Darah seni mengalir deras di keluarga Bimbo bersaudara, bakat nyanyi sudah didapatkan dari orang tua. Selain mewarisi darah seni dalam tubuh Bimbo itu sendiri, anak kandung dari Sam Bimbo yaitu Asri atau biasa disapa Achie yang pernah menjadi salah satu personil band perempuan SHE juga tak kalah piawai dalam bernyanyi dan memainkan alat musik, salah satunya adalah alat musik biola. Dikatakan Sam Bimbo saat ini anaknya, Achie sudah memimpin sebuah orkestra besar.

Grup musik Bimbo saat ini masih aktif di dunia musik, kerap kali mengisi acara sebagai bintang tamu dari acara-acara kampus ataupun panggung musik lainnya yang berada di luar kota maupun di dalam kota. Di luar kegiatan manggungnya dengan Bimbo, Sam Bimbo juga suka mengisi panggung musik dengan berduet bersama Achie, sang anak dalam satu panggung.

Achie, Putri Sam Bimbo

Kegiatan dari pria 77 tahun saat ini Ia aktif dalam Rapat Hak Karya Cipta sejak tahun 2016, untuk mengurusi undang-undang hak cipta.  Dan masih aktif di beberapa kegiatan rapat yang Ia hadiri bersama rekan-rekan di perfilman dan permusikan tanah air.

Bimbo memiliki prestasi yang mungkin baru kamu tahu sekarang,. Bimbo pernah mendapatkan penghargaan dari presiden Amerika, Ronald Reagan. Karena Bimbo mengimbau agar tidak terjadi perang dunia ketiga lewat sebuah lagu berjudul Surat Untuk Tuan Reagan dan Brezhnev yang mereka ciptakan khusus saat Bimbo di undang ke Rusia. Prestasi Bimbo dari dulu hingga sekarang tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here