Sudah menjadi kewajiban kita untuk berangkat ke Baitullah, Mekkah, ketika Allah memampukan dalam waktu, biaya, kesehatan dan semacamnya. Perintah haji ini sebagai pelengkap sahnya kita sebagai seorang Muslim dan hanya perlu dilakukan sekali saja dalam hidup.

Baitullah sendiri adalah tempat yang sangat spesial, di sana segala amalan kita seperti sholat, nilainya digandakan oleh Allah SWT. Dan sebaliknya, di tempat ini segala prasangka buruk, ataupun kemaksiatan akan dibalas kontan saat itu juga.

Agar ibadah di tanah suci menjadi tenang, ada baiknya segala sesuatu dipersiapkan dengan matang. Ketika pergi ke tanah suci, disarankan untuk mempersiapkan barang bawaan yang akan dipakai saja, seperti pakaian, obat-obatan, sandal, telepon genggam, dompet, serta surat-surat penting pendukung dokumen selama beribadah di sana.

Selain itu, perlu juga diketahui bahwa jumlah jamaah haji naik 4,96%, hingga total jumlah jamaah mencapai 2,4 juta lebih. Data ini diperkuat oleh Pemerintah Arab Saudi melansir secara keseluruhan jumlah jamaah haji tahun ini mencapai 2.489.406 orang, jumlah jamaah haji ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

Khusus untuk Indonesia sendiri, tahun ini ada penambahan kuota sebanyak 10 ribu jamaah, sedangkan untuk di daerah Jawa Barat sendiri bisa mencapai kurang lebih 400 ribu orang. Pesatnya kenaikan jumlah jamaah haji tentu tak lepas dari tangan Allah SWT. Oleh karena itu, segala jenis kebutuhan kita di tanah suci harus dipersiapkan dengan matang. Terutama persiapan hati agar bersih dan tulus menjalani serangkaian ibadah di tanah suci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here