“Dia pikir… dia yang paling hebat… merasa paling pintar dan paling kuat…”

Familiar dengan lirik jenaka di atas? Sebuah lagu legendaris bagi generai 90-an ini memang menjadi salah satu lagu paling fenomenal pada masanya. Lagu tersebut merupakan bagian dari kisah sebuah film berjudul Petualangan Sherina, yang dirilis pada tahun 2000. Film garapan Riri Riza ini menjadi salah satu film anak terlaris saat itu.

Petualangan Sherina merupakan film musikal anak-anak yang menjadi favorite bagi setiap kalangan. Bagaimana tidak, film anak ini berhasil menarik perhatian penonton sebanyak 1,1 juta di bioskop. Di tangan Riri Riza, film ini menjadi kenangan manis bagi generasi 90-an yang rela memaksa orang tuanya untuk mengantarkan ke gedung bioskop.

Petualangan Sherina, Film favorite anak-anak generasi 90-an
Petualangan Sherina, Film favorite anak-anak generasi 90-an

Berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Sherina (Sherina Munaf), yang terpaksa pindah ke Bandung Utara dan meninggalkan para sahabatnya. Selama berada di Jakarta, Sherina terkenal sebagai sosok yang pintar dan periang. Hingga akhirnya kebersamaan itu harus ia relakan dan tinggalkan karena sang ayah (Mathias Muchus) harus bertugas di Bandung.

Pindahnya Sherina ke Bandung membuat ia harus menempuh pendidikan di kota yang baru. Sayangnya, keberadaan Sherina di sekolah barunya tidak disambut hangat oleh Sadam (Derby Romero). Sadam menjadi musuh besar bagi Sherina lantaran kerap kali mengganggu Sherina selama berada di sekolah.

Petualangan Sherina, Film favorite anak-anak generasi 90-an
Petualangan Sherina, Film favorite anak-anak generasi 90-an

Saat masa liburan tiba, Sherina diajak oleh ayah untuk mengunjungi kediaman kerabatnya, Ardiwilaga (Didi Petet). Satu hal yang menarik ketika nama Ardiwilaga disebutkan, mimik wajah Sherina yang mengulang kata “Pak Ardiwilaga?” ini sangat ikonik dan muncul diingatan generasi 90-an. Ketika itu juga Sherina tahu bahwa Pak Ardiwilaga adalah ayah dari musuh besarnya, Sadam.

Konfilk-konfik manis dan menggemaskan antara Sherina dan Sadam pun menggambarkan bahwa anak-anak kecil pada zaman dahulu bertengkar hanya karena hal sepele. Pertengkarannya pun hanya sebatas saling ejek yang disalurkan ke dalam sebuah nyanyian merdu dari Sherina.

Petualangan Sherina, Film favorite anak-anak generasi 90-an
Petualangan Sherina, Film favorite anak-anak generasi 90-an

Lagu-lagu yang terdapat dalam film Petualangan Sherina ini bukan hanya seperti sepenggal lirik di atas saja, tetapi ada beberapa lagu yang turut menjadi hits, seperti Bintang-bintang, Lihat Lebih Dekat, Persahabatan, Kertarajasa hingga  Anak Mami.

Selain itu film Petualangan Sherina juga berhasil membawa pulang piala Festival Film Bandung tahun 2001 untuk kategori Film Anak-anak Terpuji. Sementara Derby Romero berhasil meraih penghargaan Festival Film Indonesia 2004 untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik.

View this post on Instagram

Jagoan 💥⚡️

A post shared by Derby Romero (@derbyromero) on

Saat ini di dunia maya para netizen tengah ramai membicarakan tentang kenakalan dan keluguan Sherina dan Sadam dalam film tersebut. Banyak penggemar terutama generasi 90-an yang menginginkan film ini dibuat ke dalam versi dewasa. Hal ini juga mendapat respon baik dari unggahan Derby Romero dalam postingan instagramnya baru-baru ini.

Dalam unggahannya, Derby memamerkan foto beruda dengan Sherina yang kemudian ditambahkan dengan keterangan ‘Jagoan’. Tidak berhenti sampai disitu saja, Sherina pun mengomentari unggahan tersebut dengan mengatakan ‘anak mami’. Akankah film Petualangan Sherina jilid dua akan dibuat oleh Riri Riza? Mari kita nantikan kejutan tentang film kebanggaan anak-anak generasi 90-an ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here