15 Mei 1928 merupakan hari bersejarah bagi insan animasi di dunia. Tepat pada tanggal tersebut Walt Disney merilis sebuah film dengan sentuhan warna hitam putih. Film itu adalah Plane Crazy, sebuah film yang menampilkan sosok Mickey Mouse dalam keadaan bisu untuk pertama kalinya.

Plan Crazy merupakan sebuah film bisu berwarna hitam putih pertama yang diproduksi oleh Walt Disney. Produksi film ini bukan hanya buah hasil dari tangan Walt Disney saja, melainkan hasil kerjasama dengan Ub Iwerks. Film ini hanya memiliki durasi selama enam menit yang berhasil dibuat hanya dalam hitungan minggu.

Sebelum memutuskan untuk membuat film Plane Crazy, Walt Disney dan Ub Iwerks belum menentukan atau membentuk karakter untuk film animasi bisu tersebut. Mulanya tokoh Oswald The Lucky Rabbit lah yang menjadi ikon untuk film tersebut.

Namun ternyata konflik antara Disney dan Iwekrs dengan produser membuat Disney dan Iwekrs terpaksa merelakan melepas hak cipta karakter tersebut. Hingga akhirnya Disney dan Ub memutuskan untuk menggarap karakter baru dengan nama Mortimer, yang kemudian nama itu tidak bertahan lama dan diganti menjadi Mickey Mouse.

Setelah sukses dengan karakter baru berbentuk tikus dengan telinga yang besar, Walt Disney dan Ub Iwerks pun membuat film Plane Crazy. Dimana film ini hanya berlangsung sebentar saja. Bukan hanya memperkenalkan karakter Mickey saja dalam film Plane Crazy, di film ini karakter Minnie juga diperkenalkan untuk pertama kalinya.

Plane Crazy sendiri berkisah tentang petualangan Mickey yang terobsesi menjadi pilot pesawat. Dalam penerbangan pesawat itu, Mickey mengajak serta Minnie. Selama perjalanan Mickey memaksa Minnie untuk berciuman, namum Minnie menolak. Minnie pun memutuskan untuk terjun bebas dari atas pesawat, yang kemudian membuat Mickey tidak fokus dengan kemudi pesawatnya dan mendarat darurat.

Setelah dianggap sukses dengan film bisu pertamanya, Walt Disney pun membuat rangkaian komik. Komik pertama yang dirilis oleh Walt Disney merupakan komik yang diadaptasi dari film Plane Crazy. Hingga saat ini, Disneyland sebagai tempat bermaian masih dengan setia memutar film-film lama yang diproduksi oleh Disney, seperti Plane Crazy, The Dognapper, The Moose Hunt, Steamboat Willie, dan juga Mickey Polo Team.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here