Sebelum jaman berubah menjadi serba cepat dan serba canggih seperti sekarang ini, ada yang namanya printer pita. Mesin printer pita hadir dengan gerakan yang lamban dalam mencetak tulisan ataupun foto pada kertas. Selain lamban suara yang dikeluarkan dari mesin printer ketika sedang dalam proses mencetak sangat berisik.

Baca juga: Sebelum Era Flash Disk, Disket Ini Pernah Jadi Sobat Kerja Kita

Sebelum hadir printer Jet yang mesin suaranya lebih halus ketika sedang mencetak tulisan atau foto, printer Jet juga menjadi printer modern yang bekerja dengan sangat cepat. Tidak lamban seperti printer pita sebelum adanya printer modern seperti printer Jet. Printer Jet mampu berdampingan dengan printer pita yang sampai sekarang masih banyak orang yang setia menggunakan printer pita untuk mencetak data.

Mesin printer pita yang proses pencetakannya lamban dan selalu mengeluarkan suara berisik ketika sedang digunakan bernama Printer Dot Matrix. Karena masih memiliki banyak peminat di Indonesia, Epson masih memproduksi dan mengeluarkan seri printer Dot Matrix yang bersuara berisik itu. Bahkan, menurut kata Senior General Manager PT. Epson, M. Husni Nurdin, meski printer Dox Matrix sudah mulai ditinggalkan oleh negara-negara lain, lain halnya dengan di pasar Indonesia masih banyak yang mencari.

Bahkan, hingga saat ini Epson pun masih memproduksi printer Dot Matrix dan masih mengalami pertumbuhan. Walaupun pertumbuhannya hanya sebatas 1-2 persen, namun printer berisik masih cukup besar perannya terhadap perkembangan Epson. Printer yang dikenal dengan istilah Dot Matrix memang merupakan salah satu solusi paling murah untuk kebutuhan pencetakan, seperti pencetakan kwitansi dan invoice, tentu akan merujuk pada keberadaan printer ini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here