Di bulan suci Ramadan, semua umat muslim di dunia diwajibkan menunaikan ibadah puasa mulai dari terbitnya fajar, hingga tenggelamnya matahari.  Di Indonesia sendiri, umat muslim berpuasa kurang lebih 13 hingga 14 jam. Namun karena perbedaan letak geografis setiap negara,  waktu terbitnya matahari dan tenggelamnya juga berbeda. Sehingga tak heran jika  tidak semua umat muslim berpuasa dengan durasi waktu tersebut. Beberapa umat muslim bahkan ada yang sampai berpuasa hingga 19 jam lamanya.

Nuuk, Greenland

Di bulan puasa tahun ini, negara Greenland menjadi negara dengan durasi puasa terlama yaitu mencapai 19 jam 57 menit lamanya. Negara di bagian utara bumi ini memang dikenal dengan waktu puasa yang lama. Seperti yang terjadi di tahun 2019 lalu. Umat muslim yang tinggal di kota Nuuk, Greenland tersebut harus menjalani puasa selama 21 jamnya.  Jadi umat muslim di wilayah itu hanya punya waktu dua jam saja setelah berbuka puasa untuk makan sahur dan kembali berpuasa.

Reykjavik, Islandia

Negara Islandia dikenal dengan keindahan auroranya. Namun jika kamu berniat jalan-jalan ke Islandia di bulan Ramadan, kamu harus kuat.  Pasalnya nih waktu berpuasa di negara ini mencapai 19 jam 56 menit lamanya. Waww hampir 20 jam ya. Karena durasi berpuasa yang cukup lama itu membuat umat muslin di negara ini hanya punya beberapa jam jeda untuk  salat magrib, isya, salat tarawih dan berpuasa kembali.

Helsinki, Finlandia

Soal ibadah puasa, umat muslim di Finlandia patut diacungin jempol. Karena umat muslim di negara ini menjalankan ibadah puasa hingga 19 jam lewat 9 menit lamanya di tahun 2021. Durasi tahun ini cukup singkat jika dibandingkan waktu berpuasa di tahun-tahun sebelumnya. Seperti di tahun 2016 dimana, waktu matahari tenggelam di Finlandia hanya  55 menit saja. Bahkan di tahun 2018 lalu, Finlandia diberikan predikat sebagai negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Kira-kira kamu sanggup ngga puasa di negara ini?

Stockholm, Swedia

Tak jauh berbeda dengan negara sebelumnya, umat muslim di Swedia juga sering melaksanakan ibadah puasa yang cukup lama. Di tahun 2019 waktu berpuasanya yaitu 19 jam 43 menit, di tahun 2020 mencapai 20 jam lamanya dan di tahun ini sedikit berkurang yaitu 18 jam 58 menit. Meski waktu puasa cukup lama di negara ini, konon karena lingkungannya yang sejuk puasa tidak terasa terlalu berat loh.

Glasglow, Skotlandia

Skotlandia adalah negara selanjutnya dengan waktu puasa terlama di tahun ini. Dimana umat muslim di negara ini menahan lapar dan dahaga selama 18 jam 36 menit lamanya di tahun ini. Meski demikian, karena cuaca yang lebih dingin membuat ibadah puasa di negara ini tidak terlalu membuat haus.

 

sumber : msn.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here