Memasuki bulan Muharram 1443 H, umat Muslim dianjurkan untuk menjalani sejumlah amalan sunnah. Salah satu dari amalan yang dianjurkan itu adalah untuk menjalankan ibadah puasa Muharram atau puasa Tasu’a dan Asyura.

Bulan Muharram merupakan bulan pertama pada kalender hijriyah yang menandakan awal pergantian tahun dalam Islam. Di tahun 2021, tanggal 1 Muharram 1443 H akan jatuh pada hari Selasa, 10 Agustus 2021 mendatang.

Puasa Tasu’a merupakan puasa yang dilaksanakan setiap tanggal 9 Muharram. Sementara puasa Asyura adalah puasa yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram. Puasa ini merupakan puasa yang sudah dilakukan oleh Rasulullah beserta keluarga dan kerabatnya sebelum turun perintah puasa wajib di bulan Ramadhan.

Disampaikan oleh Rasulullah, puasa Asyura bisa mengampuni dosa-dosa selama satu tahun. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim yang berbunyi:

“Sahabat Abu Qatadah Radliyallah ‘Anhu berkata, bahwa Rasullah SAW ditanya tentang fadilah atau keutamaan puasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram). Kemudian beliau menjelaskan, bahwa puasa pada hari ‘Asyura itu dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).

Adapun sabda Nabi Muhammad SAW tentang landasan adanya pelaksanaan sunnah berpuasa pada hari Tasu’a, yakni satu hari sebelum puasa hari Asyura, yang diriwayatkan oleh Muslim dari sahabat Abdullah ibn ‘Abbas RA:

“Jika aku masih hidup hingga tahun depan, pasti aku akan melaksanakan puasa pada tanggal 9 Muharram.”

3. Jadwal puasa Muharram atau puasa Tasu’a dan Asyura

Puasa Tasu’a 9 Muharram 1443: 18 Agustus 2021

Puasa Asyura 10 Muharram 1443: 19 Agustus 2021

Selain kedua puasa di atas, umat Muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis dan puasa Ayyamul Bidh. Untuk puasa Ayyamul Bidh, ibadah sunnah ini bisa dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 Muharram yang jatuh pada tanggal 22, 23, dan 24 Agustus 2021.

2. Niat puasa Tasu’a

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati taasuu’aa sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Tasu’a esok hari karena Allah SWT.”

1. Niat puasa Asyura

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati asyura lillahi ta’ala.”

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Asyura karena Allah SWT.”

Demikian jadwal dan niat puasa Muharram, puasa Tasu’a dan Asyura, yang dapat menghapus dosa selama setahun dan dapat dilaksanakan pada 9-10 Muharram.

 

sumber : viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here