Baca Juga : Suka Makan Pedas? Ternyata Sambal Punya Manfaat Bagi Kesehatan lho!

Memiliki masalah jerawat pada wajah tentu sudah menjadi hal yang biasa dan kerap kali terjadi. Namun, bagaimana jika jerawat tersebut muncul di punggung Anda? Pastinya rasa tidak nyaman akan muncul pada diri Anda. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang memiliki masalah jerawat di punggung? Jika iya, yuk simak tips untuk mengatasinya.

Jenis jerawat yang kerap kali hadir di punggung ini juga sering dikenal dengan nama bacne. Bagaimanakah jerawat di punggung bisa muncul? Pada area punggung ini memiliki banyak kelenjar sebasea yang dapat mengeluarkan minyak kulit (sebum) lewat folikel rambut. Tentunya dengan tujuan melembabkan kulit dan rambut.

Jika kandungan minyak berlebih, maka akan terjadi penyumbatan dan berakibat dengan kemunculan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Jika sudah timbul jerawat pada punggung, pastinya Anda memikirkan bagaimana cara mengatasi dan menghilangkannya.

Hal yang perlu diingat ialah, jerawat pada punggung dengan jerawat pada muka ini berbeda cara mengatasinya. Jika Anda salah mengatasinya, akan timbul bekas luka secara permanen yang tidak dapat dihilangkan loh. Untuk mengatasi dan menghindari jerawat di punggung, berikut ini adalah tips yang perlu Anda ketahui agar tak salah langkah.

  • Jangan menggunakan pakaian ketat

Menggunakan pakaian ketat dapat membuat tubuh Anda kekurangan udara dan menyebabkan munculnya bakteri jahat bagi tubuh. Terlebih jika Anda menggunakan pakaian ketat saat berolahraga. Bakteri yang timbul akibat kurangnya udara untuk tubuh inilah yang menyebabkan munculnya jerawat pada punggung. Mulailah menggunakan pakaian yang longgar agar tubuh Anda juga mendapta asupan udara.

Baca Juga:Jangan Lihat Bentuknya, Ternyata Buah Rambutan Ini Kaya Manfaat Loh..

  • Pastikan mandi setelah berkegiatan

Melakukan aktivitas sehari-hari dan juga olahraga tentu banyak mengeluarkan banyak keringat. Tubuh yang dipenuhi keringan dan kotoran itulah yang akan membantu percepatan dari tumbuhnya jerawat pada tubuh Anda. Pastikan Anda untuk mandi dengan bersih sehabis melakukan segala aktivitas ya.

  • Lakukan perawatan kulit dengan benar

Biasakan diri Anda untuk melakukan perawatan yang benar jika Anda tidak ingin memiliki riwayat jerawat di punggung. Biasakan selalu mandi sehabis berkeringat maupun beraktivitas di luar ruangan. Jika Anda membersikan rambut dengan cara kramas, usahakan busa yang dihasilkan dari shampoo tidak mengenai bagian punggung Anda ya. Lalu bilas hingga bersih dan keringkan sebelum Anda beristirahat.

  • Hindari penggunaan tas punggung

Kabarnya menggunakan tas punggung secara terus menerus dapat memicu timbulnya jerawat pada punggung loh. Tas punggung dapat menekan area tubuh belakang Anda dan menyebabkan timbulnya jerawat kecil yang akan menghiasi punggung mulus Anda.

Baca Juga:Dalam Setahun, Berapa Kali Kita Harus Cek Kesehatan ke Dokter? Ini Jawabannya.

  • Hindari menggunakan air terlalu panas atau dingin

Menggunakan air terlalu panas maupun terlalu dingin faktanya dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada tubuh loh. Air panas dapat menyebabkan kulit kering dan kusam, sehingga timbulnya bakteri dan pertumbuhan jerawat akan dengan mudah menghampiri Anda. Gunakanlah air dengan temperature standar yang tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin.

Jerawat pada punggung biasanya timbul karena gaya hidup Anda yang masih tidak memikirkan kebersihan tubuh secara benar. Faktor berlebihnya minyak pada tubuh juga bisa mempengaruhi munculnya jerawat pada punggung Anda. Maka dari itu, cobalah untuk merawat diri dan bergaya hidup lebih sehat lagi demi terhindar dari jerawat punggung yang mengganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here