Bagi anda pecinta otomotif, segeralah berkunjung ke Purbalingga. Kota kabupaten yang terletak di Jawa Tengah dan hanya sekitar 1 jam perjalananan dari kota Purwokerto, Disitu Anda akan temukan kegiatan masyarakat kelas menengah pengrajin knalpot. Berbagai jenis knalpot tersedia disini, dari mobil, motor, aneka racing hingga variasi lainnya.

Industri knalpot merupakan salah satu industri kecil unggulan di Kabupaten Purbalingga selain industri kecil gula kelapa dan sapu. Industri knalpot di Kabupaten Purbalingga diawali pada tahun 1970 an dengan industri logam dari bahan seng dan drum untuk pembuatan peralatan rumah tangga yang berlokasi di dusun Pesayangan, Purbalingga Lor.

Kemudian pada tahun 1980-an Pak Sultoni mengawali memproduksi knalpot sepeda motor dan mobil. Pada tahun 1990-an mulailah menyebar ke kelurahan atau desa sekitarnya di Kabupaten Purbalingga dan berkembang sampai sekarang.

Knalpot Purbalingga sebagian besar dibuat secara handmade. Seiring berkembangnya teknologi sekarang pengrajin knalpot sebagian sudah mulai menggunakan peralatan yang lebih modern seperti mesin pound, banding, cutting dan berbagai peralatan lain. Dengan mengunakan peralatan tersebut, kualitas knalpot yang diproduksi juga semakin baik.

Industri knalpot di Purbalingga tidak hanya menguasai pasar domestik tapi mampu menembus hingga mancanegara. Keunggulan knalpot Purbalingga, selain mampu meningkatkan tenaga mobil/ sepeda motor juga suara knalpot yang bisa diatur. Industri knalpot di Purbalingga masuk industri rumahan. Sentra industri terletak di Dusun Pesayangan, Purbalingga Lor,

Data Dinperindagkop Kabupaten Purbalingga tahun 2014, produksi knalpot Purbalingga 595.371 unit dengan nilai produksi Rp 81,4 miliar. Tahun 2015, jumlah industri rumahan knalpot Purbalingga 173 unit dengan total tenaga kerja 837 orang.

Bila anda datang ke kota Purbalinnga akan disambut sebuah patung orang membuat knalpot berdiri megah di tengah kota Purbalingga. Patung ini dibangun tahun 2000 di masa Bupati Triyono Budi Sasongko sebagai penghormatan kepada Bapak Sultoni, tokoh perintis produksi knalpot Purbalingga.

 

(sumber : clcpurbalingga.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here