Selain beribadah, kegiatan lain paling favorit jamaah haji untuk mengisi waktu luang menanti pulang adalah berbelanja, baik untuk keperluan sendiri maupun oleh-oleh untuk sanak famili dan teman.

Di pusat perbelanjaan di Mekkah, Madinah, para jamaah haji bisa berbelanja berbagai macam kebutuhan, seperti pakaian ataupun makanan. Biasanya para jamaah haji perempuan membeli berbagai jenis makanan dan pakaian, sedangkan jamaah haji laki-laki biasanya membeli gamis, kopiah, atau bahkan parfum.

Meski pun saat sedang melaksanakan haji disediakan makanan catering, untuk jamaah yang ingin makan selain makanan catering bisa makan di rumah makan cepat saji di pusat perbelanjaan di depan Masjidil Haram dengan menu khas Arab dan Western.

Di dekat pusat perbelanjaan dan di sekitar hotel para jamaah haji juga ada penjual makanan Indonesia yang tentunya halal dan murah. Biasanya, di pagi hari para pedagang kaki lima sudah menjajakan makanan seperti nasi kuning, nasi rames, gorengan tahu dan bakwan, bakso, soto ayam, bahkan kerupuk pun juga disediakan untuk dinikmati oleh para jamaah haji asal Indonesia. Harganya rata-rata 5 Riyal, atau sekitar 19 Ribu Rupiah.

Kalau untuk harga pakaian, parfum, karpet, atau barang lainnya yang dijajakan di pusat perbelanjaan di sana, dibandrol dengan harga yang bervariasi, mulai dari 10 hingga 100 Riyal.

Para jamaah haji Indonesia yang ingin berbelanja di pusat perbelanjaan pun tak perlu khawatir, karena para pedagang di sana sudah fasih menggunakan bahasa Indonesia untuk tawar menawar. Bahkan ada pula pedagang yang bisa berbahasa Jawa atau Sunda untuk sekedar menjajakan barang dagangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here