Dari sekian banyaknya nama kue basah yang ada di nusantara, Putu Mayang adalah salah satu nama kue yang terkenal dan banyak disukai. Tidak diketahui pasti dari mana kue putu mayang berasal, yang jelas kue ini sudah lama berlalu lalang di dunia kuliner nusantara.

Kue Putu Mayang merupakan camilan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan di bentuk seperti gulungan mie dan disajikan dengan kuah gula santan yang rasanya manis. Bahan utama dari Kue Putu Mayang adalah tepung kanji, tepung beras, santan, gula merah, dan bahan pelengkap lainnya seperti gula, garam serta daun pandan agar putu mayang menjadi lebih wangi.

Putu Mayang banyak dijual di pasar-pasar tradisional, dengan bentuknya yang menggemaskan dan berwarna pink juga hijau. Ketika di makan, sensasi pertama yang akan dirasakan adalah kekenyalan dan kelembutan dari putu mayang, jika sudah disirami kuah gula merah maka kue putu mayang menjadi sempurna untuk dinikmati. Rasanya yang legit dan manis, terkadang bisa menjadi gurih karena tambahan dari siraman kuah santan.

Hingga saat ini, kue putu mayang masih bisa kamu temui kok. Meski pun termasuk ke dalam salah satu kue jadul, namun eksistensinya tidak kalah dengan kue-kue modern. Kue putu mayang dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Kalau bisa menelusuri pasar-pasar tradisional atau toko-toko kue untuk menemukan si kue cantik nan manis ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here