Ramadan Jazz Festival 2019

Acara musik tahunan yang dilangsungkan setiap bulan Ramadan yakni Ramadan Jazz Festival kembali diselenggarakan. Acara musik ini dilaksanakan pada 17 – 18 Mei 2019 lalu. Pada perayaan tahun ini, Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) mengusung tema Love Unites All, dengan tagline #EmbraceTogetherness. Pemilihan tema ini diharapkan dapat membawa pesan cinta dan kedamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Ramadan Jazz Festival 2019 bukan kali pertama yang diselenggarakan oleh RICMA dan juga WartaJazz. Bentuk kerjasama dan ide ini muncul 9 tahun yang lalu, dimana kegiatan ini menjadi bentuk dakwah syiar masa kini yang sekaligus menambah ikatan tali silaturahmi. Bukan hanya itu saja, penyelenggarana Ramadan Jazz Ramadan juga dapat menambah ilmu pengetahuan tentang ke islaman, yang dibalut dengan cara modern.

Pada acara yang beralngsung tahun 2019 ini, Ramadan Jazz Festival menghadirkan sejumlah musisi Indonesia, mulai dari Sudjiwo Tedjo, Rizky Febian, Dengarkan Dia, Maliq & D’Essentials, Saxx In The City, Ecoutez, Glenn Fredly, HiVi! Hingga Element Reunion. Sedikit berbeda dari perayaan sebelumnya, kali ini Ramadan Jazz Festival turut mengundang musisi luar negeri, yaitu Jeremy Passion.

Ramadan Jazz Festival 2019

Setiap tahunnya, perayaan ini selalu dilaksanakan di halaman Masjid Cut Meutia. Tentunya acara ini di mulai setelah kegiatan solat tarawih telah usah dilaksanakan, sehingga tidak akan mengganggu dan menghambat kegiatan ibadah di Masjid Cut Meutia.

Menariknya dari tiap penyelenggaraan Ramadan Jazz Festival ini ialah dalam pembelian tiket masuk. Tahun lalu, tiket masuk Ramadan Jazz Festival diperuntukan untuk donasi. Sedikitnya perayaan tahun lalu berhasil mengumpulkan 75 kantung darah yang disalurkan ke PMI, serta donasi dalam bentuk uang sejumlah Rp165 juta.

Sejumlah uang itu nantinya akan dibagi dan dilokasikan untuk membantu mengisi fasilitas tempat tinggal dan kesehatan pasien kanker di Yayasan Cancer Information and Support Center (CISC) sebanyak 70%. Sementara 30%  disumbangkan kepada pada korban bencana alam di Banten, Palu serta Donggala.

Tahun ini, Ramadan Jazz Festival menargetkan donasi terkumpul sedikitnya Rp500 juta, yang nantinya akan disumbangkan kepada para penyandang difable, seperti untuk membantu membeli alat bantu dengar hingga kursi roda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here