Ramayana Lestari Sentosa Tbk merupakan salah satu perusahaan ritel yang ada di Indonesia. Ramayana dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai toko yang menjual pakaian dengan lambang logo berwarna merah. Bisnis ritel pakaian ini fokus dengan tujuannya menjual berbagai jenis pakaian bagi kalangan masyarakat menengah kebawah.

Paulus Tumewu dan Tan Lee Chuan merupakan sepasang suami isteri yang berasal dari Ujung Pandang, Sulawesi Selatan. Paulus menikahi isterinya Tan Lee Chuan dan memboyong sang isteri menuju ibukota, Jakarta. Di Jakarta, Paulus bersama dengan sang isteri memiliki keinginan untuk membuka sebuah usaha yang bergerak dibidang ritel.

Tepatnya pada tahun 1978, keduanya membuka bisnis usaha ritel yang fokus menjual pakaian murah bagi kalangan masyarakat menengah kebawah. Bisnis ini pun ia namai dengan nama Ramayana. Toko pertama yang mereka buka terletak di Jalan Sabang dengan nama Toko Busana Ramayana.

Sukses bersama dengan toko pertamanya, Paulus lantas melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan penjualannya. Saat itu Paulus menambah daftar barang yang dijual, yakni fokus dengan garmen dan pakaian.

Peningkatan penjualan tersebut pun akhirnya membuat pasangan suami isteri ini kembali menambah daftar barang jual di Ramayana. Tepatnya pada tahun 1985, Ramayana menambah daftar jualnya yang mencakup produk fashion, meliputi tas, sepatu dan juga aksesoris lainnya. Di tahun 1985 pula Paulus membuka ritel bisnisnya di luar kota yaitu Bandung.

Paulus Tumewu, pendiri Ramyana Departement Store

Selama kurang lebih 11 tahun, Ramayana sudah berhasil menjadi salah satu ritel pakaian yang fokus untuk kalangan menengah bawah. Sedikitnya 13 gerai dan 2.500 karyawan telah di bangun dan di pekerjakan oleh Ramayana milik Paulus. Bahkan Ramayana kembali melebarkan dagangannya yang mencakup kebutuhan rumah tangga, alat tulis dan juga mainan anak.

Tahun 1993 hingga 1994, Ramayana sudah berkembang dengan mendirikan sedikitnya 35 gerai dengan sistem one stop shopping center. Dengan barang-barang yang berkualitas dan juga pelayanan yang terus di tingkatkan, Ramayana berhasil menjadi salah satu ritel kesayangan masyarakat kelas menengah bawah.

Pada tahun 2005, Ramayana berhasil meraih penghargaan dalam Asia Equities Investor Relation sebagai Best Investor Relation 1st Place Indonesia Buy-side View. Tidak hanya itu saja, di tahun 2012 Ramayana juga berhasil meraih penghargaan Asia’s Best Companies oleh FinanceAsia. Ini membuktikan bahwa Ramayana tidak kalah dan mampu bersaing dengan munculnya sejumlah retail lainnya di Indonesia. Hingga kini Ramayana sedikitnya sudah mempekerjaakan 17.867 karyawan dengan sedikitnya 116 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here