Knives Out, film dengan tema misteri pembunuhan yang ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson (Brick – 2006, Looper – 2012,  Star Wars The Last Jedi – 2017) bisa disebut sebagai tribute untuk cerita-cerita misteri Agatha Christie. Pengaruh Agatha Christie sudah terlihat sejak awal film. Rian Johnson dengan cerdik menyelipkan petunjuk teka-teki misteri pembunuhan melalui visual di tiap adegan dan musik yang ditata oleh Nathan Johson mengingatkan kita pada film-film klasik misteri pembunuhan. Paduan visual dan musik yang rapih membuat film ini menjadi dramatis nan misterius namun tidak membosankan.

Harlan Thrombey (Christopher Plummer) penulis novel misteri terkenal dan kaya raya merayakan ulang tahunnya ke-85 bersama anak-anak, menantu dan keluarga mereka di rumahnya yang megah di tempat terpencil. Keesokan paginya Fran (Edi Patterson) pengurus rumah tangga, menemukan Harlan sudah tak bernyawa dikamar kerjanya, lehernya tersayat dan tangannya masih memegang sebilah pisau. Diduga Harlan bunuh diri namun meninggalkan pertanyaan apakah benar seorang Harlan Thrombey nekat menyayat lehernya sendiri?

Daniel Craig berakting sangat berbeda sebagai detektif Benoit Blanc

Kejadian ini diselidiki oleh dua orang polisi lokal Elliot (Lakeith Stanfield) dan Trooper Wagner (Noah Segan) dibantu detektif swasta Benoit Blanc yang sudah terkenal dalam memecahkan kasus yang sulit terungkap. Blanc menduga bahwa ini bukan hanya kasus bunuh diri semata terlebih Harlan meninggalkan warisan harta yang berlimpah. Benoit bersama Elliot dan Trooper menginterogasi dan mengumpulkan seluruh anggota keluarga Thrombey. Semua mempunyai motif atas kematian Harlan. Si sulung Linda (Jamie Lee Curtis) mempunyai suami, Richard (Don Johnson) yang tampak sebagai suami baik namun menyimpan rahasia yang hanya diketahui oleh Harlan. Linda dan Richard mempunyai seorang putra manja dan menyebalkan Ransom (Chris Evans) yang dikenal sebagai “kambing hitam” di keluarga Thrombey. Walt (Michael Shannon) berselisih dengan ayahnya karena ia dilengserkan sebagai direktur perusahaan penerbitan milik ayahnya. Lalu ada Joni (Toni Collete) menantu Harlan yang sudah menjanda. Sebagai seorang influencer ia harus membiayai sekolah anaknya. Harlan membantu memdanai sekolah anak Joni, namun Harlan berniat memberhentikannya karena ia mengetahui Joni secara diam-diam mengambil jatah dana lebih banyak dari yang seharusnya ia dapat. Dan terakhir, Marta Cabrera (Ana de Armas) perawat yang setia menemani Harlan. Marta adalah orang terakhir yang bertemu Harlan sebelum ia ditemukan tewas. Uniknya, Marta tidak bisa berbohong. Karena setiap ia berbohong ia akan merasa mual. Karena kejujurannya Benoit mengangkat Martha sebagai Watson, pendampingnya untuk membantu mengungkap misteri ini.

Keluarga Thrombey kaya raya namun penuh masalah diantara anggota keluarganya

Semua pemain Knives Out bermain sangat baik. Akting deretan bintang kelas atas ini mampu memanipulatif dan menjebak penonton hingga terkecoh. Jangan lewatkan cameo Frank Oz (Yoda – Star Wars) sebagai pengacara keluarga Thrombey. Daniel Craig mengejutkan penonton dengan akting yang jauh berbeda dari film-filmnya. Aktingnya berhasil memancing tawa. Daniel Craig berakting kocak saat memaparkan analogi ‘donut ditengah-tengah donut’ yang membingungkan Martha dan juga penonton. Sampai akhir film saya masih nggak ‘ngeh’, apa maksud analogi tersebut.

Chris Evans berhasil menghidupkan karakter Ransom anak manja dan menyebalkan

Editing film dikerjakan dengan sangat baik dan rapih oleh Bob Ducsay. Adegan flashback saat Blanc menginterogasi keluarga Thrombey adalah salah satu adegan favorit saya. Bob Ducsay mampu menjahit adegan demi adegan dengan rapih namun jalan cerita dan ritme tetap terjaga dalam durasi 130 menit. Singkatnya, Knives Out adalah film paling cerdas, penuh twist yang tidak bisa ditebak, menyenangkan sekaligus menghibur tahun ini. Oh ya, adegan car chase di film ini adalah adegan car chase ‘terbaik’ yang pernah saya tonton, lihat sendiri deh. Knives Out saya berikan nilai 9.5 dari 10, film yang jarang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here