Nama Reza Artamevia sudah tidak asing di belantika musik Indonesia. Karirnya sebagai penyanyi wanita sudah tidak diragukan lagi. Bakat menyanyinya ditemukan oleh pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani. Di tangan Ahmad Dhani, Reza Artamevia melejit menjadi seorang bintang terkenal.

Penyanyi kelahiran 29 Mei 1975 ini di kenal sebagai penyanyi yang melantunkan lagu Pertama dan Satu Yang Tak Bisa Lepas. Bakatnya menyanyinya muncul ketika ia duduk di bangku sekolah dasar. Hidup dan terlahir dari keluarga musisi, Reza Artamevia pun mulai mengasah kemampuannya dalam berolah vokal. Tak hanya olah vokal, Reza juga bisa menarikan beberapa tarian Jawa Klasik. Dimana bakat tarinya di turunkan dari sang Ibu yang juga merupakan seorang penari profesional.

Pada masa duduk di bangku sekolah dasar, sang Ibunda membawa Reza untuk mengikuti berbagai macam perlombaan menyanyi. Salah satu perlombaan menyanyi yang berhasil ia menangi adalah Lomba Lagu Anak-Anak TVRI tahun 1985. Memasuki bangku SMP, Reza semakin mengembangkan bakatnya. Ia membentuk sebuah band hingga duduk di bangku perkuliahan.

Sejak saat itu, bakatnya pun berhasil di lirik oleh pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani. Reza berhasil bergabung sebagai penyanyi latar Dewa 19. Suara dan kemampuan bernyanyinya yang tergolong unik inilah yang membuat Ahmad Dhani tertarik untuk mengorbitkan Reza sebagai sorang bintang.

Baca Juga:Mengenang Kembali Lahirnya Cerita Oom Pasikom Dari Imaji Jenius Sang GM Sudarta

Bersama Ahmad Dhani, Reza Artamevia merilis sebuah album debut pada tahun 1997. Saat itu album debut Reza yang bertajuk Keajaiban berhasil meraih kesuksesan yang luar biasa. Pada album tersebutlah nama Reza Artamevia menjelma menjadi seorang bintang, dengan single hitsnya berjudul Pertama dan Satu Yang Tak Bisa Lepas.

Sebagai penyanyi pendatang baru, nama Reza Artamevia pun langsung diperhitungkan. Ia berhasil memenangkan beragam ajang penghargaan, seperti Penyanyi Solo Terbaik ketegori R&B, Lagu Terbaik kategori R&B, dan Pendatang Baru Terbaik di Anugerah Musik Indonesia. Hal ini didukung dengan berhasilnya album perdana Reza sebanyak 100,000 keping kopi.

Memasuki tahun 2000-an, Reza merilis album keduanya. Kali ini Reza menggandeng seorang musisi bernama Masaki Ueda. Album kedua Reza ini ia beri judul Keabadian, dengan beberapa lagu hits seperti Biar Menjadi Kenangan, Forever Peace, dan The Last Kiss versi Inggris. Reza juga sempat dipercaya untuk meremake lagu Dewa 19 berjudul Cinta Kan Membawamu Kembali.

Reza sempat menikah dengan seorang aktor bernama Adjie Massaid, yang juga di karuniai dua orang putri bernama  Zahwa Rezi Massaid dan Aaliyah Annisa Jeffas Massaid. Namun sayang pernikahannya itu harus kandas di tengah jalan.

Sebelum berpisah dengan Adjie Massaid, Reza sempat merilis sebuah album yang ia garap sendiri bertajuk Keyakinan. Pada album ini Reza kembali melahirkan tembang hits yaitu, Cinta Kita, Berharap Tak Berpisah, Apapun Kau Mau, dan Putus. Di album ketiganya ini, Reza turut serta menggandeng sejumlah musisi ternama seperti Melly Goeslaw, Erwin Gutawa, Anto Hoed, Andi Rianto, Yudis Dwikorana, Denny Chasmala, dan Thopati.

Pasca perceraiannya dengan Adjie Massaid, kehidupan Reza sempat di terpa banyak masalah dan probelmatika. Dirinya sempat di kabarkan menghilang, yang ternyata di temukan di sebuah padepokan milik Aa Gatot di Sukabumi, Jawa Barat. Saat itu Reza mengaku bahwa Aa Gatot sebagai guru spiritualnya. Ia juga sempat tersandung kasus dengan obat-obatan terlarang, saat itu Reza berhasil di temukan bersama dengan Aa Gatot dan lainnya saat sedang menikmati narkotika.

Seiring berjalannya waktu, kehidupannya pun mulai kembali tertata. Tahun 2008, Reza kembali mendapat kepercayaan dirinya dan juga publik. Dirinya mendapat sebuah kehormatan untuk menyanyikan theme song ajang Asian Beach Games 2008. Setahun kemudian, nama Reza Artamevia dinobatkan sebagai 50 The Greatest Indonesian Singers versi majalah Rolling Stone Indonesia 2010.

Tahun 2019 ini, Reza Artamevia mencoba peruntungan di kancah politik. Dirinya mendaftarkan diri sebagai calon legislative melalui Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Meski terjun ke panggung politik, Reza dikabarkan tidak akan meninggalkan dunia musik yang telah membesarkan namanya. Sukses Reza Artamevia untuk dunia politik dan karir bermusiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here