Aktris multitalenta, Ria Irawan meninggal dunia. Kabar duka atas kepergian aktris era 1970-an ini disampaikan pada Senin (6/1) pagi. Seperti yang sudah diketahui, aktris kelahiran 24 Juli 1969 ini sempat berjuang dan berhasil mengalahkan kanker kelenjar getah bening yang dialaminya pada tahun 2009 lalu. Ria Irawan meninggal dunia pada usia 50 tahun.

Pada tahun 2014 Ria Irawan sempat terbebas dari sel kanker yang berada pada tubuhnya. Ria pun dinyatakan sembuh dan terbebas dari penyakit tersebut. Namun pada tahun 2019 kemarin, Ria harus kembali berjuang melawan sel kanker kembali. Kali ini sel kanker menyerang dinding Rahim Ria.

Kali ini usaha Ria Irawan untuk berjuang melawan kanker lebih besar dibandingkan tahun 2009. Pasalnya sel kanker tersebut sudah menjalar dan meluas hingga ke paru-paru dan otaknya. Berbagai upaya pengobatan pun Ria lakukan agar sembuh dan bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya. Bahkan, Ria Irawan harus merelakan mahkota kepalanya dan memutuskan untuk menutupnya dengan hijab.

Anak pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan ini memiliki nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan. Bakatnya dalam bidang seni ini merupakan bakat turun-temurun dari Ayah dan Ibunya. Terlahir dari keluarga seniman, Ria Irawan pun mulai terjun ke dunia entertainment sejak belia. Perannya sebagai figuran dalam film Sopir Taxi (1973) dan Belas Kasih berhasil mencuri perhatian publik.

Hingga akhirnya Ria Irawan dipercaya untuk membintangi sejumlah film ternama di era 1970-an, seperti Siulan Rahasia, Istriku Sayang Istriku Malang, Fajar Menyingsing dan juga Chicha.Tidak hanya terlibat dalam layar lebar saja, Ria Irawan sang aktris mulititalenta ini pun juga sempat menyumbangkan suaranya bersama dengan Nurul Arifin dan juga Ita Mustafa.

Bahkan karir Ria Irawan di dunia tarik suara pun berhasil mencuri perhatian Rano Karno. Mereka pun sempat membuat album dangdut bersama. Tidak berhenti sampai disitu saja, Ria Irawan pun mencoba untuk memproduseri album miliknya sendiri, Untuk Kamu dan bekerja sama dengan Deddy Dhukun.

Pada tahun 1996 Ria Irawan sempat memutuskan untuk vakum dari dunia entertainment. Ia pun memutuskan untuk tinggal di luar negeri bersama dengan sang kakak, Dewi Irawan di Milan. Keputusan ini Ria ambil setelah film yang diperankannya, Kuldesak tayang.

Dari masa vakumnya di dunia entertainment tersebut, Ria dikabarkan kembali mendalami ilmu di bidang seni dan desain grafis. Di tahun 2003, Ria Irawan kembali menyentuh dunia entertaiment. Kali ini ia terlibat dalam sebuah film Biola Tak Berdawai (2003). Kembalinya Ria kali ini bahkan dilengkapi dengan keberhasilannya meraih penghargaan di ajang Festival Film Asia Pasifik sebagai The Best Actress.

Tidak hanya itu saja, paras cantik Ria Irawan pun mewarnai berbagai film Indonesia lainnya, seperti Arisan! (2004), Janji Joni (2005), Berbagi Suami (2006), Wedding Aggrement (2019), Mantan Manten (2019), Kuambil Lagi Hatiku (2019), dan juga Koboy Kampus (2019).

Sebelum berita duka atas kepergian Ria Irawan ini dikonfirmasi, Ia sempat menjalani pengobatan dan dilarikan ke IGD RSCM lantaran kondisi kesehatannya mulai menurun. Ria Irawan pun dinyatakan meninggal dunia setelah berjuang dengan kondisinya. Rencananya jenazah Ria Irawan akan dibawa ke rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Selama perjalanan karir Ria Irawan di industri hiburan ini, sedikitnya ia telah membintangi 43 film yang sukses membesarkan namanya. Kini, aktris lawas multitalenta tersebut telah beristirahat dengan tenang. Selamat jalan Ria Irawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here