TVRI memang menjadi televisi satu-satunya sejak 1962. Kehadirannya sebagai stasiun televisi dinilai sangat membantu dan menjadi penghibur generasi 1970 hingga 1980-an. Pada era keemasannya, TVRI banyak menayangkan program-program menarik, mulai dari acara berita hingga ragam serial televisi yang diambil dari serial televisi luar. Salah satu serial yang sempat tayang di TVRI adalah Riptide.

Baca juga: Serial TV CHiPS, Aksi Duo Polisi PJR Penuh Kenangan

Serial televisi Riptide merupakan rangkaian serial yang berasal dari Amerika Serikat. Riptide pertama kali ditayangkan oleh NBC pada 3 Januari 1984 dan berakhir tayang pada 22 Agustus 1986. Tayangan ini sempat mampir di TVRI setiap hari Jumat pukul 17:00 WIB, setelah tayangan serial The A Team.

Sosok dibalik pembuatan serial Riptide adalah Frank Lupo dan Stephen J. Cannell. Kedua kerabat ini bekerjasama dengan Columbia Picture Television. Dibintangi oleh ketiga aktor tampan yakni Perry King, Thom Bray, dan Joe Penny yang kemudian menjadikan serial Riptide sukses sebagai serial detektif yang dibalut dengan tingkah konyol dari ketiga aktor pemeran serial ini.

Berawal dari hubungan kedua persahabatan mantan angoota Angkatan Darat, yaitu Cody Allen (Perry King) dan Nick Ryder (Joe Penny). Keduanya sepakat untuk membentuk dan mendirikan sebuah kantor detektif bernama Riptide Detective Agency, yang semula dinamai dengan Pier 56 Detective Agency. Kantor detektif tersebut terletak di California, Amerika Serikat.

Baca juga: B.J And The Bear – Serial Action Comedy Andalan TVRI “Zaman Old”

Untuk melengkapi tim detektif bentukannya, Allen dan Nick pun mulai berpikir untuk merekrut anggota baru. Anggota baru tersebut haruslah memiliki kemampuan teknologi dan pengetahuan yang cukup luas. Murray ‘Boz’ Bozinsky (Thom Bray) yang digambarkan sebagai seorang ilmuan teknologi pun dipilih dan bergabung bersama dengan Riptide Detective Agency.

Dalam menjalankan misi sebagai seorang detekif, ketiga sekawan ini dilengkapi dengan alat-alat transportasi yang canggih dengan desain yang sedikit nyeleneh. Salah satunya adalah sebuah helikopter Sikorsky S-58T yang diberi nama The Screaming Mimi.

Nick Ryder berperan sebagai seorang pilot yang mengendarai The Scraming Mimi yang dicat dengan warna merah muda. Tak hanya itu saja, helikopter Sikorsky S-58T ini pun juga memiliki desain yang menyerupai gambar mulut pada bagian depannya. Aksi ketiga detektif konyol ini juga sempat digambarkan menaiki sebuah mobil mewah berwarna merah klasik, yakni mobil Chevrolet Crovette.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here