Yogyakarta memang surganya pecinta kuliner murah meriah dan mengenyangkan. Mulai dari Bakpia, Sego Kucing, Gudek hingga Bakmi pun bisa ditemui di Yogyakarta. Makanan berupa Mie yang dikenal dengan nama Bakmi Jogja atau Mie Godhog ini memang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah. Cita rasanya yang lezat dengan proses masak yang unik ini, membuat Bakmi Jogja mulai mendunia.

Baca juga: Malioboro – Menikmati Sumbu Imajiner Kota Gudeg

Asal muasal Bakmi Jawa atau Bakmi Jogja ini terletak di Desa Piyaman, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Salah satu tempat yang terkenal adalah Bakmi Jogja Mbah Wito. Kedai Bakmi Jogja milik Mbah Wito ini bahkan menjadi salah satu favorite Bakmi Jogja yang kerap kali dikunjungi oleh Presiden Soekarno dan Presiden SBY.

Para pejabat negara pun menjadikan Bakmi Mbah Wito ini menjadi tempat makan favorite ketika berkunjung ke Jogja atau sekedar melewati Jogja. Yang membedakan Bakmi Mbah Wito lebih dipilih dari pada Bakmi Jogja lainnya terletak pada kuah gurih yang disiram keatas mie. Biasanya para penjual Bakmi Jogja ini mulai menjajakan jualannya dari jam 17:00 hingga larut malam dengan menggunakan gerobak andalannya.

Selain Bakmi Jogja, ada juga yang dikenal dengan Bakmi Nyemek. Jenis Bakmi ini sebenarnya sama saja dengan Bakmi Jogja. Yang membedakan terletak pada tidak digunakannya kecap dan kuah yang berlebih pada Bakmi Nyemek.

Bakmi Jogja dikenal dengan cara memasaknya yang masih menggunakan alat-alat tradisional. Bakmi Jogja dimasak menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat atau dikenal dengan nama anglo. Tak hanya wadahnya saja yang tradisonal, bahan bakar untuk memasaknya pun menggunakan arang.

Tidak hanya proses pengolahannya saja yang tradisional, Bakmi Jogja juga memiliki cita rasa yang kuat dengan bumbu rempah khas masakan Jawa. Pada penyajiannya, Bakmi Jogja juga tidak hanya disajikan berupa Mie saja, melainkan ditambah dengan suiran daging ayam kampung, telur ayam kampung, bahkan bagi penyuka pedas, menikmati mie ini dengan cabe rawit dan acar terasa nikmat.

Cita rasa Bakmi Jogja yang khas dan tetap tidak berubah ini pun menjadikan Bakmi Jogja mendunia. Dibeberapa negara seperti Malaysia dan Singapore, Bakmi Jogja dikenal sebagai Mee Rebus. Yang membedakan Mee Rebus dengan Bakmi Jogja terletak pada bagian topingnya. Mee Rebus kebanyakan memakai seafood seperti udang atau cumi.

Baca juga: Destinasi ke Taman Sari, Kastil Air yang Romantis di Yogyakarta

Salah satu chef yang berasal dari Indonesia, yakni Daniel Sudar bahkan membawa Bakmi Jawa ini ke luar negeri. Ia membuka restoran bakmi dengan nama Slurp di San Fransisco. Daniel merupakan chef lulusan California Culinary Academy. Daniel menjual Bakmi Jogja dengan sedikit berbeda dari Bakmi yang berada di Jogja. Di restorannya, Daniel lebih menjual Bakmi Rebus. Dengan keahliannya meracik masakan asal Indonesia ini, menjadikan Bakmi Jogja ini mendunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here