Anda tentunya sudah mengenal Kue Pancong, kue yang berbentuk panjang seperti papan penggilasan dan berwarna cokelat keemasan sering Anda temui di pinggir-pinggir Jalan. Mengapa bentuknya seperti papan penggilasan? Karena Kue Pancong dibuat dengan dimasak dalam cetakan panjang yang berbentuk seperti balok. Ketika sudah matang, Kue Pancong memiliki rasa yang manis. Setelah Kue Pancong matang Anda bisa memberikan taburan gula pasir diatasnya, ataupun parutan cokelat dan keju yang tentu saja menambah cita rasa Kue Pancong.

Baca juga: Riwayat Roti Maryam, Benarkah Berasal dari Timur Tengah?

Kue Jadul bisa dikatakan sebagai kue jadul, karena Kue Pancong sangat tenar dan banyak penggemar dari era 80-an dan 90-an. Kue yang berbahan dasar tepung beras atau tepung ketan yang dipadu dengan kelapa membuat makanan ini memiliki rasa yang khas.

Kue Pancong adalah kue tradisional yang berasal dari Betawi. Nama Pancong juga diambil dari bahasa Betawi, sehingga Kue Pancong memiliki identitas lengkap yaitu kue tradisional dari Betawi. Seiring berjalannya waktu, Kue Pancong yang hanya diberi taburan gula pasir bermetamorfosa mengikuti perkembangan zaman dan menyajikan banyaknya macam Kue Pancong dengan topping beragam.

Sekarang ini banyak sekali kedai-kedai warung kopi ataupun kafe-kafe yang menyajikan menu Kue Pancong didalamnya. Tentu saja Kue Pancong ini bisa berubah menjadi Kue Pancong gaul khas zaman now. Kue Pancong disajikan dengan beragam topping dengan tingkat kematangan yang berbeda-beda. Ada yang menyukai Kue Pancong setengah matang dan ditambah topping cokelat keju yang tentu saja ketika masuk ke dalam mulut rasanya lumer di lidah.

Tidak hanya berbagai rasa Kue Pancong yang disajikan dengan beragam topping, bentuknya pun kini semakin bermacam-macam. Kue Pancong yang aslinya berbentuk seperti papan penggilasan dan berwarna cokelat keemasan kini bisa di make over dengan bentuk yang lebih simpel dan berwarna-warni. Kue Pancong jenis ini biasanya disebut dengan menu Kue Pancong Rainbow.

Kue Pancong original dengan tampilan seperti jaman dulu masih bisa Anda temui dipinggir-pinggir Jalan. Sedangkan Kue Pancong bermacam-macam rasa seperti Kue Pancong Cokelat Keju, Kue Pancong Setengah Matang, Kue Pancong Strawberry, Kue Pancong Nutella, atau bahkan Kue Pancong Rainbow bisa Anda jumpai di kedai kopi tempat nongkrong anak muda ataupun di kafe-kafe di Jakarta.

Tempat yang menyajikan Kue Pancong enak yang perlu Anda coba adalah Kue Pancong Bro di Palmerah, Kue Pancong Pelopor di Jakarta Barat, Kedai Pancong di Cibubur, ataupun di Waroeng Gaul di Kawasan Blok M. Atau Anda memiliki tempat makan Kue Pancong yang sudah sering dikunjungi. Semakin banyak macam semakin banyak juga tempat-tempat makan yang menyajikan Kue Pancong dalam menunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here