Kacang merah adalah bahan makanan yang cukup mudah dan sering di temui sehari-hari, kacang merah bisa dijadikan sajian makanan pendamping nasi dengan di masak menjadi sayur tumis atau sup. Bahkan juga ada kacang merah yang dijadikan sebagai es, es kacang merah biasanya tersaji sebagai hidangan pencuci mulut.

Pola makan sehat akan membantumu terhindar dari serangan berbagai macam penyakit. Mungkin, sebagian dari kamu juga banyak yang belum tahu kalau kacang merah yang banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Indonesia dan India ini ternyata banyak sekali manfaatnya bagi tubuh.

Tak hanya lezat di santap, kacang merah sangat bermanfaat bagi tubuh mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker. Wow… si kecil merah ini punya manfaat lain yang tak kalah besar yaitu;

  1. Menjaga Kesehatan Jantung.

Kacang merah adalah sumber protein yang bebas kolesterol dan rendah lemak. Dengan makan kacang merah, kamu bisa memenuhi kebutuhan protein tanpa harus takut kolesterol atau kadar lemak jenuh dalam tubuh naik.

Mengonsumsi kacang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah. Kacang merah kaya akan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium yang mampu menekan kadar homosistein dalam di dalam darah. Homosistein sendiri adalah salah satu zat pemicu penyakit jantung koroner. Selain itu, manfaat kacang merah bagi kesehatan jantung adalah meringankan kerja pembuluh darah serta melancarkan peredaran darah ke jantung.

  1. Mengendalikan Nafsu Makan.

Kacang merah bisa membuatmu kenyang lebih lama, ini karena kacang merah mengandung banyak protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks. Dengan begitu, kamu pun tidak akan mudah tergoda untuk mencari camilan atau makanan lain. Khusus untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, manfaat kacang merah yang satu ini tentu sayang sekali jika dilewatkan.

  1. Mencegah Diabetes.

Serat dalam kacang merah membantu menjaga agar glukosa tidak dilepas dalam darah terlalu cepat. Begitu juga dengan karbohidrat kompleks dalam kacang merah. Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang bisa larut dengan mudah, karbohidrat kompleks tidak akan menghasilkan glukosa dalam darah secepat karbohidrat sederhana. Dengan begitu, kadar gula dalam darah tidak akan tiba-tiba naik sehingga memicu diabetes.

  1. Mencegah Kanker.

Berdasarkan sebuah penelitian di Harvard Medica School, pola makan tinggi serat dapat mencegah kanker, terutama kanker payudara. Pola makan kaya serat juga mampu menurunkan risiko terkena kanker prostat, sementara itu dalam setiap 100 gram kacang merah kamu bisa mendapatkan 52% kebutuhan serat dalam sehari. Dengan begitu, rutin mengonsumsi kacang merah bisa membantumu terhindar dari risiko kanker.

  1. Mencegah Penuaan Dini.

Kacang merah tak hanya mampu membuat tubuhmu menjadi jauh lebih sehat, tapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Rutin makan kacang merah mampu mencegah penuaan dini. Ini karena semakin gelap warna kacang, semakin tinggi pula kandungan antioksidannya. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Hal-hal tersebut adalah faktor pemicu penuaan dini.

Nah, kini kamu sudah tahu kan banyak manfaat besar yang dihasilkan dari si kecil kacang merah ini? Jangan ragu untuk mencobanya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here