Jamu adalah minuman tradisional yang dibuat dari berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia. Jamu memberikan khasiat baik bagi tubuh ketika Anda rutin mengkonsumsinya, karena dari jaman dahulu minuman jamu bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit, menjaga daya tahan tubuh, dan juga mampu mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih sehat dan cantik.

Khususnya bagi kalangan yang sudah memasuki usia 40 tahun penting untuk rutin minum jamu, karena rutin minum jamu mampu turunkan kolesterol dan mencerahkan kulit wajah sehingga perempuan yang sudah berusia 40 tahun akan terlihat lebih muda.

Lalu ramuan jamu seperti apa yang mampu untuk menurunkan kolesterol? Menurut Wulan Tilaar, pewaris bisnis sebuah kosmetik terbesar di Indonesia, ada ramuan khusus yang bisa turunkan kolesterol jika rutin dikonsumsi. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara campurkan rebusan daun salam dalam jumlah yang ganjil dan laos lalu ditumbuk utuh tidak sampai benar-benar hancur. Setelah itu direbus dan diminum airnya setiap malam sebelum tidur. Cara ini menurut Wulan Tilaar tak hanya membantu mengurangi rasa sakit karena kolesterol tapi juga menyegarkan tubuh di usia senja seperti 40 tahun.

Jamu tak hanya berkhasiat untuk turunkan kolestrol dan mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih cantik, ada pula beberapa macam jamu tradisional yang perlu Anda ketahui khasiatnya bagi tubuh;

  • JAMU BERAS KENCUR. Jamu beras kencur terbuat dari ekstrak atau sari kencur dan beras yang juga ditambahkan dengan sari jahe dan sari asam. Jamu beras kencur rasanya manis dan segar, cocok untuk diminum anak-anak dan orang dewasa.Manfaat dari jamu beras kencur adalah untuk menambah nafsu makan, menambah tenaga, dan menghilangkan pegal-pegal di tubuh.
  • JAMU KUNYIT ASAM. Terbuat dari kunyit dan asam jawa yang ditambahkan dengan bahan lain seperti gula merah dan temulawak. Jamu kunyit asam memiliki khasiat yang dapat mencerahkan kulit, karena dalam kunyit terkandung antioksidan yang bisa membantu meremajakan sel-sel tubuh kita.
  • JAMU KUDU LAOS. Bahan baku jamu kudu laos ini adalah laos yang ditumbuk dengan aneka bahan lain kemudian direbus.Rasanya segar dan bisa memberikan efek hangat dalam tubuh. Kudu laos bisa mengatasi kembung dan meredakan demam, baik bagi anak-anak maupun orang tua.
  • JAMU PAHITAN. Jamu pahitan adalah jamu yang paling pahit, sesuai namanya. Jamu pahitan terbuat dari daun sambiloto, tetapi ada juga yang menambahkannya dengan bahan pahit lainnya seperti brotowali. Meski rasanya sangat pahit, jamu pahitan memiliki manfaat sebagai penambah nafsu makan, mengatasi pegal-pegal, bahkan bisa mencegah risiko diabetes.
  • JAMU TEMULAWAK. Jamu temulawak tentunya terbuat dari temulawak yang dicampur dengan asam jawa, gula aren, daun pandan, dan jinten. Jamu temulawak baik dikonsumsi anak-anak dan orang tua karena bisa menyembuhkan pusing, mual, dan masuk angin.

Minum jamu ternyata sangat penting ya bagi tubuh, apalagi banyak manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan ketika rajin mengkonsumsi jamu secara rutin. Karena jamu terbuat dari bahan alami tentunya tidak akan memiliki efek samping yang berbahaya seperti efek samping pada obat yang terbuat dari bahan kimia. Hari ini jangan lupa minum jamu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here