Aktor tampan berdarah Ceko yakni Ryan Hidayat merupakan tokoh utama dalam film Lupus. Sosok Ryan Hidayat, masih lekat dalam diingatan generasi 80/90-an. Meski kini telah tiada, nama Ryan Hidayat tidak pernah tergantikan sebagai sosok Lupus.

Pria kelahiran Praha, 11 September 1970 ini mengawali karir sebagai seorang aktor sejak usia dini, dan bermain pada sebuah film berjudul Anna Maria. Berkat film Anna Maria inilah Ryan mendapatakan penghargaan pada ajang Festival Film Indonesia. Ryan memenangkan kategori pemeran anak-anak terbaik.

Baca juga: Ricky Nakalnya Anak Muda – Kenangan Dua Bintang Yang Selalu Bersinar

Ryan merupakan anak sulung dari pasangan Ir. K.A Hidayat dan Eva Jaryjova. Darah Ceko yang mengalir di tubuh Ryan berasal dari sang ibu yang merupakan warga negara Republik Ceko.

Ryan sempat mengenyam bangku sekolah menengah pertama (SMA) di daerah Semarang yakni SMAN 3 Semarang. Aktor yang memiliki keingan tinggi untuk menjadi seorang aktor ini pun mendorong dirinya untuk hijrah ke Ibukota. Menjalani berbagai rangkaian casting hingga memutuskan untuk kuliah film di Australia.

Sepulangnya ke Indonesia, Ryan pun sempat bekerja menjadi assistant sutradara untuk sebuah judul sinetron. Hingga akhirnya Ryan menemukan titik kesuksesannya di dunia akting. Dirinya pun mulai meramaikan layar kaca Indonesia, baik sinetron maupun film layar lebar. Salah satu film yang sangat melekat dengan Ryan Hidayat adalah Lupus.

Selama berkarir di industri entertainment, Ryan sempat dikabarkan berpacaran dengan penyanyi cantik, Nike Ardilla. Namun kabar itu tidak diketahui kebenarannya. Selain Nike Ardilla, lawan main Ryan Hidayat pada film ‘Lupus II Makhluk Manis dalam Bis’ yakni Nunu Datau, juga dikabarkan berpacaran dengannya. Kabar kencan keduanya pun memang dibenarkan. Mereka terjalin cinta lokasi kala itu.

Bekerja di dunia entertainment yang tak kenal waktu membuat Ryan Hidayat saat itu terserang penyakit malaria dan typus. Hal ini pun yang menyebabkan Ryan Hidayat meninggal dunia pada tahun 1997. Kepergian Ryan Hidayat menyisakan kesedihan yang mendalam bagi keluarga, sahabat serta rekan sesama selebriti. Perjuangan Ryan Hidyat di industri perfilman Indonesia pun diapresiasi oleh Forum Film Bandung, yang memberikan penghargaan atas dedikasi Ryan Hidayat di industri perfilman Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here