Di rumahmu, jenis sabun apa yang digunakan? Apakah sabun batang atau sabun cair? Sebagian orang banyak yang menggunakan sabun cair untuk mandi, namun tak jarang ada juga yang masih menggunakan sabun batang untuk membersihkan tubuh saat mandi.

Sabun batang sudah ada lebih dulu dari pada sabun cair, bahkan keberadaan sabun batang sudah ratusan tahun lamanya. Tapi, jika dibandingkan lebih baik mana sabun batang atau sabun cair? Jawabannya adalah keduanya sama saja.

Kedua jenis sabun tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan, karena pada umumnya komponen pembuatan sabun sama-sama tersusun dari bahan garam alkali dari asam lemak dan bahan detergen. Detergen ini adalah bahan yang membuat minyak dan kotoran tercampur dan bisa dibersihkan oleh air.

Sabun Batang Vs Sabun Cair.

Tetapi, meski memiliki komponen yang sama dalam pembuatan sabun batang dan sabun cair ada kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, misalnya saja pada sabun batang dianggap lebih hemat dan kemasannya pun terbuat dari bahan yang bisa terurai dan mudah di daur ulang. Walau beberapa orang tidak suka menggunakan sabun karena alasan kebersihan.

Karena biasanya sabun batang dipakai lebih dari satu orang, memang menurut penelitian sabun batang yang dipakai bersama dengan orang lain terdapat bakteri di dalamnya, namun penelitian sudah menunjukkan bahwa meski ada bakteri pada sabun batang yang sudah digunakan, tidak ditemukan bakteri pada kulit orang yang menggunakan sabun itu.

Sabun batang juga memiliki pH (tingkat keasaman) yang tinggi dan cenderung membuat kulit menjadi kering setelah mandi. Oleh sebab itu sabun cair lebih lembut dikulit dan tidak membuat kulit menjadi kering setelah digunakan, dan juga sabun cair lebih memiliki wangi harum yang lebih tinggi dibanding sabun batang. Jadi, kamu tim sabun batang atau sabun cair nih?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here