Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia dengan bahan dasar daging. Bahkan sate berhasil masuk ke dalam daftar 50 makanan terenak di dunia versi CNN pada tahun 2017 lalu. Di Indonesia sendiri, sate merupakan makanan pinggiran yang dijual menggunakan gerobak dorong atau pikulan. Namun, pada tahun 1974 muncul sebuah tempat makan yang mengangkat sate sebagai primadona makanan pinggiran menjadi lebih berkelas, Satay House Senayan yang saat ini di kenal dengan nama Sate Khas Senayan.

Budi Purnomo Hadisurojo, ia lah orang dibalik nama besar Sate Khas Senayan yang melegenda. Pada tahun 1974, ia membuat gebrakan terhadap makanan pinggiran berupa sate untuk dibawa ke kelas yang lebih tinggi.

Sate Khas Senayan

Saat itu Budi membuka restaurant pertamanya di daerah Kebayoran Baru dengan nama Satay House Senayan. Sama halnya dengan sate pinggiran, Satay House Senayan juga turut menjual beraneka ragam sate mulai dari sate ayam, sate kambing dan juga sate sapi.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1982 Satay House Senayan berubah nama menjadi Sate Khas Senayan. Perubahan nama ini dilakukan untuk menciptakan nama yang lebih Indonesia. Selain perubahan nama yang dilakukan, Budi juga membuka cabang diberbagai tempat, seperti Kebon Sirih, Menteng dan Tanah Abang.

Soto Betawi Sate Khas Senayan

Tidak hanya menjual sate saja sebagai menu andalan, Sate Khas Senayan juga menjual berbagai menu Indonesia lainnya yang bisa disantap dan dinikmati seperti soto betawi, rujak cingur, nasi bali hingga wedang ronde.. Sebagai pelopor dari makanan pinggiran yang naik kelas, Sate Khas Senayan tidak hanya membawa sate naik kelas saja.

Sate Khas Senayan membuat sate khasnya lebih menarik dengan cita rasa yang berbeda. Salah satunya dengan bumbu kacang yang ditawarkan di Sate Khas Senayan. Bumbu kacang yang digunkan sebagai pelengkap sate ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga kental, sehingga akan berbeda dari bumbu kacang sate pinggiran.

Selain itu, Sate Khas Senayan juga menawarkan menu spesial yaitu sate sampler. Menu ini merupakan perpaduan antara daging ayam, daging kambing, daging sapi dan juga kulit ayam lengkap dengan bumbu kacang yang nikmat.

Sejak tahun 1974, Sate Khas Senayan masih tetap mempertahankan cita rasa dan mutu pelayanan kepada para pelanggan. Bahkan, Sate Khas Senayan menjadi salah satu tempat makan yang kerap kali dikunjungi oleh tamu Negara maupun artis Hollywood jika berkunjung ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here