Hot Wheels adalah mobil mainan yang diproduksi pertama kali oleh perusahaan Mattel di Amerika pada tahun 1968. Mobil-mobilan Hot Wheels masuk ke Indonesia sekitar tahun 2002, dan mampu memecahkan rekor MURI dengan trek terpanjang se-Asia. Panjang trek Hot Wheels mencapai 200 meter. Karena banyaknya para penggila mobil kecil ini para komunitas Hot Wheels membuat perkumpulan yang diberi nama Hot Wheels Collection Indonesia.

Produk pertama yang diproduksi Hot Wheels berjenis Custom Camaro, banyak seri-seri unik dan keren dari keluaran Hot Wheels. Sehingga para pecintanya akan selalu tertarik untuk segera memiliki beberapa seri yang menjadi idola. Ada pula salah satu kolektor maniak Hot Wheels adalah Bruce Pascal, Ia memiliki 3.500 mobil-mobilan Hot Wheels dengan kurang lebih 175 jenis Hot Wheels yang Limited Edition.

Baca juga: Masih Ingat Mainan Balon Tiup Era 90-an? Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Anak

Hot Wheels termahal juga dimiliki oleh Bruce Pascal. Ia memiliki Hot Wheels termahal seri Rear-loading Volkswagen Beach Bomb 1969 yang berwarna merah muda dan dibandrol dengan harga yang fantastis yaitu 936 Juta Rupiah. Wow! Padahal, harga Hot Wheels standar di pasaran bisa dibilang harga yang cukup terjangkau. Berkisar lima belas ribu rupiah, namun untuk beberapa jenis barang kolektor harganya bisa selangit!

 

Meski awalnya diremehkan, perlahan-lahan ternyata Hot Wheels mampu mendulang kesuksesan. Pada tahun pertama peluncurannya, Mattel berhasil menjual 16 juta unit Hot Wheels. Pada tahun 1969, Hot Wheels mengajak Ira Gilford yang merupakan desainer mobil Chrysler dan Larry Wood dari Ford. Wood yang kemudian menjadi Desainer Kepala di Hot Wheels.

Diakui pihak produksi Hot Wheels penjualan memang mengalami naik turun. Pasarnya juga tak luas. Hot Wheels menggolongkan pembeli produk Hot Wheels adalah anak usia 3 sampai 8 tahun. Tapi ketika para pembeli generasi awal ini beranjak dewasa dan sudah menjadi seorang ayah, mereka ingin mengenalkan sekaligus mewariskan mobil-mobil Hot Wheels pada anaknya.

Kini Hot Wheels tak hanya menjadi mainan biasa saja, tapi juga dijadikan barang warisan dari orang tua untuk anak-anaknya. Karena, Mattel sempat memperkirakan 41 juta anak-anak tumbuh dengan memainkan Hot Wheels.

Tahun 2018 ditandai sebagai ulang tahun Hot Wheels ke 50 tahun. Meski Hot Wheels sekarang masih berada dalam industri mainan yang tak lagi ramah, Hot Wheels mampu berusaha dan bertahan diantara gempuran mainan digital yang modern di era sekarang. Dibuktikan juga dengan banyaknya komunitas pecinta Hot Wheels yang ada di beberapa kota besar Indonesia, seperti diantaranya adalah Bandung, Surabaya, Palembang, dan tentunya Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here