Berita bohong atau hoax baru-baru ini kembali santar dibicarakan, persisnya saat aktivis Ratna Sarumpaet melontarkan hoax terkait pemukulan dirinya. Nah, sebelum geger hoax yang tak terbukti itu menjadi hits, maka hoax-hoax yang berkembang di era 1980 hingga 1990-an justru lebih seru dan menantang dibanding berita hoax pemukulan tersebut.

Teruntuk generasi 1980 hingga 1990-an pastinya sangat akrab dan dekat dengan berita-berita hoax, yang bahkan sempat dipercaya dan dilakukan. Bahkan berita hoax yang saat itu dipercaya justru datang dari orang-orang terdekat kita, pelakunya tak lain dan tak bukan orang tua kita sendiri. Kira-kira hoax apa saja yang sempat populer dan jauh lebih seru dibanding hoax zaman sekarang? Yuk simak hoax-hoax menarik dibawah ini yang bikin kalian tertawa dengan sendirinya:

  1. Hoax Kolor Ijo

Hoax tersohor yang menempati posisi utama pastinya jatuh kepada hoax kolor ijo. Isu kolor ijo ini sangat santer dibicarakan pada tahun 1990-an. Berita tersebut mengatakan akan ada seseorang yang datang dengan menggunakan celana dalam berwarna hijau. Orang ini bisa disebut kolor ijo, yang akan mendatangi mangsanya untuk diperkosa. Sebagai penangkal, setiap rumah diharuskan memasang bambu kuning dan menempelkan ayat-ayat suci Al-Qur’an di depan pintu. Isu ini pun paling dipercaya dan banyak masyarakat yang melakukannya. Kamu termasuk yang percaya dengan hoax ini?

  1. Pulpen Narkoba

Zaman duduk dibangku sekolah dasar, isu tentang beredarnya narkoba melalui pulpen pun juga sempat menggemparkan Indonesia. Maraknya penjual pulpen dengan bau wangi-wangian ini pun dipercaya sebagai penyebaran narkoba jenis baru dikalangan anak-anak. Parahnya para penjual pulpen ini pun menjajakan jualannya di depan sekolah-sekolah. Hoax besar tentang penyebaran narkoba ini pun dipercaya benar adanya, hingga setiap kali ingin membeli pulpen kita diharuskan untuk mencium aroma pulpennya terlebih dahulu. Jika pulpen itu berbau wangi yang kuat, maka otomatis kita akan langsung berprasangka bahwa pulpen itu mengandung narkoba.

  1. Mr Gepeng

Salah satu hoax paling tidak masuk akal namun tetap dipercaya adalah kemunculan Mr Gepeng. Hoax ini memberitakan tentang seseorang yang kabarnya terjepit oleh lift, yang kemudian menyebabkan kepalanya hancur dan bebentuk gepeng. Dahulu sosok Mr Gepeng ini diisukan akan muncul di kamar mandi, dan mengetuk pintu yang sedang kamu masuki. Isu ini berkembang pesat hingga tiap anak-anak yang duduk dibangku sekolah dasar harus ditemani oleh temannya jika ingin pergi ke kamar mandi

4. Telepon Hantu

Salah satu hoax misterius datang dari teror telepon hantu. Telepon ini biasanya akan dengan senang hati mengganggu dan menghubungi kalian disaat waktu yang tak terduga. Jika telepon itu diangkat, maka yang terdengar dari sebrang sana hanya suara tangisan seseorang yang entah siapa dia sebenarnya. Kamu termasuk salah satu yang mendapat teror ini atau tidak?

  1. Keranda Terbang

Khusus hoax ini bertujuan agar anak-anak tidak tidur terlalu larut. Pasalnya kabar keranda terbang yang bereada saat itu memang dikhususkan untuk anak-anak. Bagi anak-anak yang tidur terlalu larut atau begadang maka akan diculik oleh keranda terbang, dan keesokan harinya akan tidur dan pindah di dalam keranda.

Nah kelima hoax diatas sempat membuat heboh dan ramai di kalangan masyarakat Indonesia. Diantara keliama hoax diatas, apakah kamu termasuk kedalam salah satu orang yang termakan hoax tersebut? Atau adakah pengalaman hoax seru yang pernah kamu alami? Yuk ceritakan pengalaman termakan hoax versi kamu.

2 COMMENTS

  1. Kalau penularan HIV yg lewat jarum suntik di pasang di kursi bioskop dulu tahun berapa sih? 90-an jg bukan? dulu sempet ngeri nonton tuh gara2 denger2 cerita… tp kyknya hoax

    • hehhe bener tuh….ada crita soal jarum suntik HIV,,, ada juga yg bikin serem… Silet di prosotan kolam renang ancol…. heheheh serem beud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here