Sebuah perlintasan balap atau yang dikenal dengan nama sirkuit merupakan sebuah tempat yang diperuntukan untuk ajang balap mobil. Di masa saat ini, kebanyakan masyarakat mengenal dan tahu bahwa sirkuit pertama yang dimiliki Indonesia adalah Sirkuit Sentul. Pada kenyataannya ialah Sirkuit Sentul bukanlah sirkuit pertama yang dimiliki oleh Indonesia.

Sirkuit Ancol ialah sirkuit pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Di bangun pada tahun 1970-an, sirkuit ini merupakan lintas balap terkenal pada era 70 hingga 90-an awal. Sirkuit Ancol menjadi perlintasan kebanggan milik Indonesia pada masa tersebut.

Sirkuit Pertama di Indonesia – Sirkuit Ancol

Pada era 1970-an, olahraga balap mobil maupun motor tergolong baru dan belum pernah ada sebelumnya. Sehingga dengan kemunculan dan di bangunnya Sirkuit Ancol ini membawa angin segar bagi para muda-mudi untuk menunjukan bakatnya.

Lokasi dari Sirkuit Ancol ini terletak di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Dimana pada saat itu pembangunan sirkuit ini sejumlah donator rela merogoh kocek demi pembangunan sirkuit pertama di Indonesia. Pengelolaan Sirkuit Ancol ini pun dipegang oleh PT. Jaya Ancol.

Baca Juga:Sepenggal Kisah Kijang Doyok, Warna Otomotif di Era 80-an

Indocement dan PT. Astra Honda diketahui turut menjadi sponsor dan penyumbang dana terbesar demi sebuah sirkuit pertama di Indonesia. Menurut beberapa sumber, kedua perusahaan besar tersebut sedikitnya mengeluarkan dana sebesar Rp30 juta, dimana pada jumlah tersebut sangatlah besar pada era 70-an.

Melalui Sirkuit Ancol, sejumlah pembalap profesional pun turut lahir, sebut saja salah satunya Tinton Suprapto. Sosok Tinton Suprapto pada masa kejayaannya tersebut bahkan sempat di daulat menjadi mascot pembalap oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Memasuki tahun 1980-an, kepemilikan atas Sirkuit Sentul pun berpindah tangan. Saat itu, Hutomo Mandala Putra atau yang akrab dikenal dengan nama Tommy Soeharto, menjabat sebagai Ketua Ikatan Motor Indonesia (KIMI), diberi instruksi untuk menggunakan Sirkuit Ancol hingga adanya lokasi pengganti dari Sirkuit Ancol.

Sirkuit Pertama di Indonesia – Sirkuit Ancol

Pada masa awal pembangunannya, Sirkuit Ancol memiliki luas sekitar 40 hektar, namun seiring dengan berjalannya waktu luas lahan dari Sirkuit Ancol pun mengalami penyusutan. Sirkuit Ancol pun hanya memiliki luas 12 hektar lantaran di kawasan tersebut sudah mulai dibangun proyek pembangunan perumahan warga sekitar. Tidak hanya itu saja, banyaknya jalan yang rusak dan aksi protes dari warga sekitar pun membuat Sirkuit Ancol harus di tutup pada tahun 1992.

Sejak tahun 1992 itulah kemudian lokasi balap dan perlintasan lomba balap berpindah ke Sirkuit Sentul, yang hingga kini masih menjadi lokasi balap dengan total panjang lintasan hingga 4,12 km. Jadi, teman-teman sudah tahu ya bahwa sirkuit pertama di Indonesia bukanlah Sirkuit Sentul, akan tetapi Sirkuit Ancol yang saat ini sudah di tutup dan dijadikan lokasi rekreasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here