17 Desember 1903 atau sekitar 115 tahun yang lalu, Wright Bersaudara memecahkan rekor dunia untuk menerbangkan sebuah pesawat. Pesawat pertama yang berhasil mengudara ini adalah Wright Flyer, yang berhasil terbang di sebuah kota bernama Kitty Hawk, North Carolina, Amerika Serikat.

Mereka adalah Wright Bersaudara, para pemuda asal Amerika Serikat yang mencatat sejarah dunia. Pesawat ciptaanya tersebut berhasil terbang diatas ketinggian 36 meter dengan waktu terbang 12 detik.

Sebelum menciptakan dan merancang sebuah pesawat, Wright Bersaudara ini terlebih dahulu mengembangkan kemampuannya dalam membuat sepeda. Sejak saat itulah Wright Bersaudara memiliki keinginan untuk menciptakan alat transportasi udara.

Wilbur dan Oliver pun mulai mempelajari buku-buku aeronutika dan menjadikan sayap burung sebagai inspirasinya. Memasuki tahun 1900, Wright Bersaudara ini mulai menciptakan rancangan pertamanya berupa laying-layang dan menyempurnakannya dengan glider. Setelah tiga kali percobaan dan pembaruan, mereka pun memikirkan rancangan yang lebih sempurna dengan melengkapi kekuatan kontrol dan motor penggerak.

Dalam pembuatan pesawat, Wright Bersaudara mendapat bantuan dari seorang rekannya yang bernama Charlie Taylor. Percobaan pertamanya ini menghasilkan sebuah pesawat dengan mesin 4 silinder dengan 8 tenaga kuda. Total berat untuk percobaan pesawat pertamanya ini mencapai 68 kilogram. Sayangnya pada percobaan pertama ini bagian blok mesin mengalami keretakan, sehingga tenaganya pun ditambah menjadi 12 tenaga kuda.

Pesawat buatannya pertama kali mengudara pada 14 Desember dan menjadi catatan dunia atas keberhasilannya mengudara dan sejarah pesawat terbang. Kesuksesannya menerbangkan Wright Flyer, membuat nama keduanya semakin dikenal oleh publik.

Pada tahun 1905, pesawat buatannya memecahkan rekor dengan terbang selama 39 menit di udara. Empat tahun berselang, Angkatan Darat Amerika Serikat membeli salah satu pesawat produksi Perusahaan Pesawat Wright yang dibuat secara khusus. Pembelian pesawat tersebut pun berawal ketika Wright Bersaudara berhasil menciptakan pesawat khusus penumpang.

Jenis pesawat yang dibeli oleh Angkatan Darat Amerika Serikat ialah Wright Flyer atau 1903 Flyer. Saat ini pesawat bersejarah tersebut telah disimpan dan dipajang di National Air and Space Museum, Washington DC.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here