Siapa yang tak akrab dengan bakso? Rata-rata masyarakat di Indonesia sangat mengidolakan bakso, bahkan hampir seluruhnya suka dengan makanan bakso. Sajian daging sapi yang dibentuk bulat dengan siraman kuah kaldu ayam yang gurih mampu membuat harimu menjadi terasa nikmat. Apalagi ditambah dengan saus atau sambal, nyeruput kuah bakso jadi makin seger deh!

Tapi, ternyata sajian bakso tidak melulu berisi kuah kaldu ayam dengan tambahan mi kuning atau mi bihun saja lho. Saat ini, di Jogja ada tampilan baru dari sebuah sajian bakso yang membuat bakso ini beda dari bakso yang lain. Bakso kuah air kelapa muda. Kebayang nggak rasanya seperti apa?

Sajian Bakso Kuah Air Kelapa di Dalam Batok Kelapa

Yup! Bakso kuah air kelapa muda ini dinamakan bakso degan, Degan sendiri memiliki arti Air Kelapa Muda. Biasanya air kelapa muda disajikan sebagai minuman penyegar dahaga yang manis dan dingin, tapi apa jadinya ya kalau air kelapa muda dijadikan kuah bakso?

Sudah pasti rasa bakso kuah air kelapa ini terasa seperti gurih dan manis. Manisnya berasal dari air degan yang diracik bersama bumbu dan menghasilkan sensasi kuah bakso yang berbeda dan nikmat di lidah.

Tak sampai di kuah nya saja, keunikan lain dari bakso degan ini adalah mi yang digunakan untuk campuran bakso. Dalam semangkuk bakso degan alias bakso kuah air kelapa muda, mi yang disajikan terbuat dari daging kelapa muda. Kenyal dan legit rasa dari bakso degan beserta mi daging kelapa muda yang berkombinasi dengan kuah bakso panas terasa sangat unik di lidah.

Bakso Kuah Air Kelapa dengan Mi Daging Kelapa Muda

Penyajiannya pun cukup unik, bakso, mi, dan kuah air kelapa muda disuguhkan dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari batok kelapa. Jika ingin lebih spesial, penjual bakso degan bisa menyajikan bakso dalam semangkuk batok kelapa utuh, yang daging kelapa nya bisa kamu kerok menggunakan sendok.

Harga untuk satu mangkuk bakso degan di bandrol dengan harga Rp. 13.000,-, sedangkan untuk bakso degan dalam kelapa utuh di bandrol harga Rp. 18.000,- harga yang cukup terjangkau untuk sebuah kenikmatan bakso yang unik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here