Pria kelahiran Jakarta, 4 September 1968 memiliki nama lengkap Septian Dwi Cahyo. Dikenal sebagai tokoh Pantomime Indonesia, Septian mengawali karirnya di dunia seni pertunjukan tanpa suara alias Pantomime sejak tahun 1980-an, saat itu Ia kerap mengajar Pantomime ke sekolah-sekolah. Selain mengajarkan Pantomime, Septian Dwi Cahyo masih terus syuting film dan sinetron.

Pada awalnya, Septian Dwi Cahyo mempelajari Pantomime dengan bergabung bersama Teater Adinda. Di teater tersebut, pada tahun 1986 – 1987 Septian mengikuti Lomba Pantomim tingkat Nasional dan berhasil menjadi Juara 1 Lomba Pantomim dan mendapatkan beasiswa dari tokoh Pantomime Dunia, Marcel Marceau.

Septian Dwi Cahyo Berpantomime

Menjadi juara 1 lomba Pantomime, mampu menghantarakan Septian Dwi Cahyo memasuki dunia film layar lebar. Ia membintangi film “Di sini Cinta Pertama Kali Bersemi”. Setelah berbagai peran di layar lebar Ia lakoni, namanya mendapat tempat di hati para penonton dan membuat Septian Dwi Cahyo kembali melangkah ke dunia akting yaitu ke ranah sinetron.

“Aku Cinta Indonesia (ACI)” dan “Rumah Masa Depan” adalah dua sinetron populer yang mengawali hiburan di industri pertelevisian. Septian Dwi Cahyo juga sempat masuk nominasi pada Festival Sinetron Indonesia tahun 1994 dalam sinetron “Ali Oncom” untuk Episode Kredit Macet sebagai Aktor Utama.

Berkat kerja keras dan kecintaannya di dunia peran, baik Pantomime maupun Akting dalam film dan sinetron, Ia berhasil menjadi sutradara sekaligus pemain yang berperan sebagai Den Bagus untuk serial “Komedi Spontan” tahun 1996-1997. Perjuangan memang tidak pernah membohongi hasil, di tahun 1997 Septian Dwi Cahyo berhasil meraih penghargaan sebagai ‘Sutradara Komedi Terfavorit’ di ajang Panasonic Award.

Masih bersama dengan Kemendikbud, mulai tahun 2014 lalu sampai sekarang, Septian aktif menggelar lomba pantomim dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tingkat SD setiap tahun. Atas gagasan dan pelaksanaan kegiatan lomba tersebut, Septian pernah meraih Golden Award pada “World Creativity Festival 2016” di Korea Selatan, dan meraih peringkat lima dunia sebagai pembina dalam ‘World Finals Odssey Of The Mind’ di Amerika Serikat di tahun yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here