Semakin modern era saat ini, semakin bebas pula gaya hidup yang dijalani kaum muda sekarang. Pentingnya menjaga gaya hidup sehat seolah tak lagi penting bagi mereka, hanya sebagian saja kalangan muda yang masih memperhatikan gaya hidup sehat. Padahal Anda tahu tidak kalau stroke dan berbagai macam penyakit bahaya lainnya dapat menyerang saat masih berada di usia muda? Semakin banyak terjadi penyakit orang tua justru di derita oleh kaum muda. Mengapa stroke bisa di derita oleh seseorang yang masih berusia muda? Simak di bawah ini apa saja yang harus dihindari agar penyakit stroke tidak menghantui masa muda Anda.

1. Kurangnya Asupan Serat
Buah dan sayuran merupakan sumber utama serat, kurangnya asupan serat dalam tubuh dapat menggangu sistem pencernaan karena serat memiliki kemampuan untuk mengikat lemak dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari untuk kemudian dicerna dengan sempurna. Kekurangan asupan serat pada tubuh dapat membuat kadar gula darah tidak stabil sehingga memicu penyakit diabetes. Tak hanya itu saja, tubuh yang kekurangan serat juga bisa meningkatkan resiko kolesterol tinggi yang pada akhirnya akan menyebabkan seseorang menderita penyakit stroke.

2. Kebiasaan Merokok
Kaum muda identik dengan kebiasaan merokok, seolah rokok tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masa muda. Kebiasaan merokok dapat merubah kecepatan aliran darah melalui pembuluh darah ke otak, dan perubahan itu terjadi setelah merokok. Perubahan yang terus menerus pada lapisan pembuluh darah otak dapat memicu penyakit serebrovaskular yang sering terjadi pada penderita stroke. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh yang berpengaruh pula pada produksi insulin dan resiko diabetes menjadi semakin besar.

3. Stress
Stress dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi insulin di dalam tubuh. Kondisi metabolisme dan insulin yang terganggu bisa berakhir pada penyakit diabetes.

4. Kurang Olahraga
Rutin melakukan olahraga dapat menurunkan resiko terkena penyakit storke dan diabetes. Hal ini terjadi karena olahraga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolestero jahat dalam tubuh, dan juga dapat memperbaiki aliran darah dan mengurangi kadar lemak di dalam tubuh.

5. Berat Badan Berlebihan
Berat badan berlebihan memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sehingga resiko terkena stroke semakin meningkat. Berat badan berlebih atau obesitas menjadi penyebab utama terjadinya diabetes dan stroke.

Nah, seram kan kalau hal-hal seperti itu tidak diperhatikan dapat menyebabkan terkena penyakit stroke. Ada baiknya sekarang juga Anda harus mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan dan asupan serat yang dibutuhkan tubuh, berolahraga setidaknya 30 menit sehari, menghindari rokok dan alkohol, serta istirahat yang cukup. Kesehatan tubuh Anda adalah milik Anda seutuhnya, jika tidak ingin stroke menghantui masa muda Anda maka jagalah tubuh Anda dengan memberikannya cinta dalam bentuk gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here