CHiPS (California Highway Patrols) adalah serial TV dari Amerika Serikat yang dulu pernah ditayangkan di TVRI (Televisi Republik Indonesia) setiap hari Minggu pukul 22:30 WIB. Serial CHiPS sempat ditayangkan oleh TVRI selama enam tahun, dari tahun 1977 – 1983. Bagi Anda generasi 1980-an tentunya sudah akrab dengan serial CHiPS yang menceritakan tentang aksi heroik dua orang polisi patroli jalan raya di California sambil mengendarai motor besar dan seragam warna khaki nan ketat.

Serial CHiPs menceritakan tentang kisah Officer Poncherello yang diperankan oleh Erik Estrada dan Officer John Baker yang diperankan oleh Larry Wilcox. Dua polisi Patroli Jalan Raya (PJR) yang bertugas mengawasi lingkungan dan menangkap para penjahat yang beraksi di California.

Adanya aksi penjahat yang berupaya melarikan diri menggunakan mobil, dengan sigap seketika itu juga Officer Ponch and Officer John beraksi mengejar penjahat dengan mengendarai motor besar khas patroli jalan raya, aksi dalam adegan itulah yang membuat penonton sorak sorai menyaksikan kedua polisi heroik ini di layar kaca TVRI.

Banyak dari generasi 80-an pada saat itu sangat menanti-nanti hari Minggu malam karena ingin menyaksikan serial CHiPS yang memang menjadi tontonan favorit keluarga pada saat itu. Tayangan CHiPS selama 6 tahun di TVRI tak hanya membuat CHiPS menjadi serial Tv terfavorit pada masa keemasannya, serial CHiPS juga menjadi inspirasi bagi group Warkop DKI. Saking menginspirasinya, dari sekian banyak film Warkop DKI salah satunya ada yang diberi judul sama dengan serial tersebut yaitu CHIPS.

CHiPS yang identik dengan aksi heroik polisi dikemas ulang oleh Warkop DKI menjadi sajian tontonan yang mampu mengocok perut penonton dengan aksi kocak Dono, Kasino, Indro. Disajikan sebagai parodi, oleh Warkop CHiPS disebut sebagai singkatan dari Cara Hebat Ikut Penanggulangan Sosial. Selain di jadikan inspirasi oleh Warkop DKI, serial CHiPS yang tayang di TVRI juga diangkat menjadi film layar lebar pada beberapa tahun lalu yang di produksi oleh Warner Bross Film.

Bagi Anda yang ingin sekedar bernostalgia bersama serial CHiPS atau bagi yang belum kenal dengan serial CHiPS yang dulu sempat tayang di TVRI, kalian bisa lihat cuplikannya di bawah ini;

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here