Banyak orang yang tanpa sadar sering mendengkur saat tidur. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan tidur apabila dengkuran sangat keras, dan juga mendengkur dapat mengurangi kualitas tidur seseorang yang sering mengalaminya.

Baca juga : Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Mendengkur terjadi karena saluran pernapasan tersumbat, lalu bergetar saat dilalui oleh aliran udara. Suara dengkuran bisa terdengar halus atau keras (parau) yang mengganggu. Makin sempit jalan napas, makin sulit pula aliran udara untuk melewatinya, sehingga menyebabkan suara dengkur semakin kuat.

Kebanyakan seseorang mendengkur karena kegemukan. Namun, mendengkur juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit apnea tidur yang disebabkan oleh gangguan cukup serius dari kesehatan lain. Kira-kira apa saja ya yang menjadi penyebab mendengkur dan bagaimana cara ampuh untuk mengatasinya?

  1. Kelebihan Berat Badan.

Berat badan yang berlebih menjadi salah satu faktor yang paling berperan dalam terjadinya dengkuran. Jaringan berlemak dan massa otot yang buruk berkontribusi terhadap dengkuran yang kamu alami. Bahkan, jika kamu tidak memiliki kelebihan berat badan, memiliki beban tambahan di sekitar leher dan tenggorokan saja sudah bisa menyebabkan kamu mendengkur. Rutin berolahraga dan berusaha menurunkan berat badan bisa meminimalisir dengkuran yang akan terjadi nanti.

  1. Usia.

Seiring bertambahnya usia, tenggorokan bisa menyempit dan massa otot di tenggorokan bisa menurun kinerjanya. Penyempitan tenggorokan bisa diminimalisir dengan cara mengelola pola hidup dengan mengubahnya menjadi gaya hidup sehat, perubahan jam tidur, dan senam tenggorokan.

  1. Anatomi Tubuh.

Secara umum, laki-laki memiliki jalur pernapasan yang lebih sempit daripada perempuan sehingga lebih memungkinkan untuk laki-laki lebih sering mendengkur dibanding perempuan. Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, tenggorokan yang sempit bisa berpengaruh dalam menimbulkan dengkur saat tidur. Tidur lebih awal dan mengubah gaya hidup bisa mengurangi dengkuran yang terjadi selama kamu sedang tidur.

Baca juga : Jurus Jitu Cegah Sakit Telinga saat sedang Berenang atau Menyelam

  1. Masalah Pernapasan.

Hidung tersumbat karena flu, alergi, ataupun sinusitis bisa membuat kamu jadi sulit bernapas dan membuat ruang kosong dalam tenggorokan yang menyebabkan timbulnya dengkuran. Mandi air hangat sebelum tidur bisa membuka saluran pernapasan sehingga napas akan terasa lebih lega.

Itu adalah beberapa penyebab terjadinya dengkuran saat kamu tidur. Lantas, bagaimana cara ampuh untuk mengatasinya? Berikut ulasannya;

  1. Mengubah Posisi Tidur.

Tidur dengan posisi telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada bagian mulut, turun ke dinding belakang, sehingga menyebabkan suara dengkuran. Jadi, kamu yang punya kebiasaan mendengkur disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping, sehingga mendengkur bisa dihindari.

  1. Menurunkan Berat Badan.

Sama seperti yang sudah disinggung dalam poin pertama diatas, agar kebiasaan mendengkur bisa berhenti, kamu juga disarankan untuk menurunkan berat badan ke batas normal. Batasi porsi makan, perbanyak mengonsumsi makanan sehat, dan olahraga adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat berat badan menjadi kembali ideal.

  1. Hentikan Kebiasaan Konsumsi Rokok dan Alkohol.

Mengkonsumsi rokok dan alkohol bisa menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Hal ini terjadi karena racun yang terdapat dalam asap rokok membuat dinding saluran napas menjadi iritasi, lalu membengkak dan menyumbat aliran udara. Jadi, sebisa mungkin hilangkan lah kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol, serta perbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat. Ini semua dilakukan demi terjaganya kondisi tubuh dengan baik.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here