Duduk terlalu lama di depan komputer bisa mengakibatkan punggung terasa sakit, rata-rata yang mengalami hal ini adalah orang-orang pekerja kantoran. Menyelesaikan pekerjaan menumpuk mengharuskan pekerja duduk lebih lama di bangkunya. Beberapa pekerja perempuan ataupun laki-laki mengalami sakit punggung akibat terlalu lama duduk, bahkan ada yang sampai mengalami punggung tidak bisa digerakkan sama sekali ke kanan ataupun ke kiri karena nyeri bukan kepalang.

Tapi, jangan panik dulu ya! Menurut para peneliti dari Cornell University dan Cleveland Clinic Center for Spine Health mengatakan bahwa untuk menangani nyeri punggung akibat duduk terlalu lama, membutuhkan beberapa perubahan sederhana dalam caramu bekerja. Dan berikut ini, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan saat punggung terasa nyeri karena terlalu lama duduk;

  1. Sesuaikan Bentuk Kursi.

Kursi dengan bentuk stabil adalah kursi yang paling cocok digunakan untuk bekerja. Tinggi kursi juga harus disesuaikan, dan sandaran belakang kursi harus dapat diatur ketinggiannya dan juga kemiringannya. Jenis kursi seperti ini dinakaman Kursi Ergonomi, yaitu peralatan dan perangkat yang dirancang sesuai dengan tubuh dan gerakan manusia. Berikut adalah posisi yang sesuai dengan kursi berkonsep ergonomi agar punggung tidak mudah terasa nyeri ketika berlama-lama duduk di kursi:

Pastikan punggung bawah (lumbar tulang belakang) kamu melengkung maju secara alami. Ini sangat penting untuk mengurangi tekanan pada punggung. Banyak kursi ergonomis yang dirancang memiliki dukungan lumbar untuk mempertahankan kurva tulang belakang. Jika kursi kerjamu tidak memilikinya, kamu dapat menggunakan bantal pendukung lumbar dan meletakkannya di belakang punggungmu.

Baca juga : Jurus jitu cegah sakit telinga saat sedang berenang

  1. Meregangkan Punggung.

Ketika dirasa sudah terlalu lama duduk di kursi kerjamu, bangkitlah dari kursi dan regangkan tubuh setiap 30 – 60 menit. Karena duduk terlalu lama di kursi dapat memberikan tekanan pada cakram tulang belakang dan melemahkan otot-otot yang mendukung kinerja punggung. Kamu juga dapat berdiri dan meletakkan tangan di punggung bawah. Kemudian, dorong pinggul secara perlahan ke depan dengan sedikit melengkungkan punggungmu. Gerakan ini akan melepaskan tekanan pada cakram tulang belakang, sehingga nyeri punggung yang dirasakan bisa sedikit berkurang.

  1. Istirahat.

Kamu perlu beristirahat jika dirasa sudah terlalu lama duduk di kursi dan punggung mulai terasa nyeri. Caranya, kamu hanya perlu bangun dari kursi agar membantu tubuh untuk mengurangi siklus otot yang tegang. Sandarkan bahu pada kursi untuk sekedar merileksasi otot-otot yang tegang.

  1. Memperkuat Otot Inti.

Untuk membantu memperkuat otot inti pada tubuh agar nyeri punggung dapat teratasi, kamu bisa melakukan latihan seperti Pilates. Latihan inti seperti ini dapat melatih otot untuk bekerja lebih efisien melawan efek negatif dari duduk. Selain melakukan latihan khusus untuk punggung, kamu dapat melakukan latihan aerobik secara teratur untuk menangkal nyeri punggung.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here