Uh-Oh, We’re In Trouble. Something’s Come Along And It’s Burst Our Bubble. (Yeah, Yeah!) Uh-Oh, We’re In Trouble. Gotta Get Home Quick March On The Double! Generasi 1990-an masih ingat dengan sepenggal lirik lagu diatas? Yap! Lagu tersebut sempat populer pada tahun 1990-an yang dibawakan oleh dua orang gadis cantik, Shampoo. Sepenggal lirik lagu tersebut di populerkan oleh Shampoo dengan judul Trouble.

Shampoo merupakan grup vokal yang didirikan pada tahun 1990-an. Grup ini dibentuk dan didirikan oleh Jacqueline ‘Jacqui’ Blake dan Caroline ‘Carrie’ Askew. Kemunculannya pada era 1990-an ini sempat mencuri perhatian publik dengan lagu hitsnya berjudul Trouble.

Lagu yang di populerkan oleh Shampoo ini sempat menduduki posisi ke-11 di tangga lagu UK. Tak hanya itu saja, lagu Shampoo berjudul Trouble ini juga masuk ke dalam 20 besar music chart di Australia, Belgia dan Belanda.

Baca Juga:Ranjau-Ranjau Cinta (1984) : Film AADC-nya Generasi 80’an

Jacqueline dan Caroline merupakan sahabat yang sekolah di tempat yang sama, Plumstead Manor School London. Keduanya pun sepakat untuk membentuk sebuah grup vokal, dengan terlebih dahulu keduanya menggarap beberapa lagu lain.

Penggunaan nama Shampoo sebagai grup vokal keduanya pun di ambil dari nama panggilan sekolah mereka, yakni ‘The Shampoo Girls’. Jacqueline dan Caroline pun memulai debutnya dengan nama Shampoo dan merilis lagu pertamanya berjudul Blisters and Bruises.

Dengan lagu tersebut, Shampoo belum mendapat ketenarannya. Hingga pada akhirnya mereka merilis album bertajuk We Are Shampoo dengan single andalan mereka berjudul Trouble. Album ini bahkan terjual hingga satu juta keping kopi di seluruh Asia dan Jepang.

Berkat kesuksesan lagu Troble, tahun 1995 sebuah perusahaan film asal Jepang pun tertarik untuk menjadikan lagu tersebut sebagai soundtrack dari film legendaris, Mighty Morphin Power Rangers: The Movie. Tentunya generasi 1980 hingga 1990-an pernah mendengar dan akrab dengan film dan soundtrack tersebut ya.

Kesuksesan Shampoo tidak berhenti sampai disitu saja, lagu-lagu lain yang diciptakan oleh Shampoo juga berhasil menjadi soundtrack berbagai film. Mulai dari lagu Don’t Call Me Babe untuk film Barb Wire (1996), dan lagu Delicious untuk film Casper: A Spirited Beginning (1997).

Memasuki tahun 2000-an, karir Shampoo mulai meredup. Shampoo merilis album ketiga bertajuk Absolute Shampoo yang hanya dirilis melalui digital internet. Album ketiga ini menjadi album terakhir dari karir Shampoo di belantika musik, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk bubar.

Tahun 2007, album We Are Shampoo diterbitkan kembali di Inggris, setelah anggotanya memutuskan untuk bubar. Selama berkarir, Shampoo sudah merilis empat buah album studio, dua album kompilasi dan sepuluh single hits andalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here