Mendengar nama Stephen King tentu sudah tidak asing ditelinga, khsusnya bagi para pecinta novel garapannya. Sepanjang karirnya sebagai seorang penulis, Stephen King melahirkan sebuah karya terbaiknya berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemotion (1982). Novelnya tersebut pun dimuat ke dalam sebuah film layar lebar oleh Frank Darabont dengan judul Shawshank Redemption. Film ini pun dirilis pada tahun 1994, yang juga tanpa terduga menjadi film terbaik sepanjang masa versi IMBD.

Film Shawshank Redemption menceritakan tentang kisah perjalanan hidup seorang Andy Dufresne (Tim Robbins) yang bekerja sebagai seorang bankir di Maine. Andy didakwa bersalah atas kasus pembunuhan sang istri dan juga selingkuhannya dengan menggunakan pistol. Andy pun dijatuhi hukuman seumur hidup atas kasus yang tidak pernah ia lakukan selama hidupnya.

Shawshank Redemption

Andy pun terpaksa harus menjalani hukuman yang ia terima di penjara Shawshank, sebuah penjara yang terkenal dengan para sipir yang sangat kejam. Selama di penjara, Andy pun menjadi incaran para The Sister, sebutan untuk kelompok yang kerap kali memperkosa laki-laki yang disukainya.

Baca Juga:Choujin Sentai Jetman – Serial Super Sentai Populer Selain Power Rangers

Selama mendekam di dalam penjara, Andy memiliki seorang kerabat bernama Ellis Boyd ‘Red’ Redding (Morgan Freeman). Redd merupakan seorang tawanan yang sudah lama mendekam di dalam penjara. Ia pun akhirnya mulai bersahabat dekat dengan Andy.

Bukan hanya mulai bersahabat dengan Redd saja, Andy yang sebelumnya bekerja sebagai seorang bankir kaya raya ini pun dimanfaatkan oleh para sipir yang melakukan tindak kejahatan. Sipir yang bernama Hadley (Clancy Brown) memanfaatkan kepintaran Andy untuk menghitung pajak dan menggelapkannya. Sipir Hadley pun menaruh uang tersebut ke rekening Andy.

Andy yang merupakan penggemar berat dari Rita Hayworth ini pun melakukan hal cerdik yang tidak terpikirkan oleh para narapidana lainnya. Di dalam kamarnya, ia memasang poster dari Rita Hayworth yang ternyata dibalik poster tersebut Andy menggali sebuah lubang berlorong yang akan digunakan oleh dirinya untuk melarikan diri.

Baca Juga:Bad Boy For Lif3 Resmi Mulai Diproduksi – Will Smith Telah Konfirmasi Shooting Bad Boys 3 Telah Dimulai

Kecerdikan Andy tidak berhenti sampai disitu saja, uang yang berasal dari para sipir untuk menggelapkan pajak pun ia ambil alih. Hal ini lantaran para sipir tidak mengetahui bahwa Andy menyimpan uang tersebut atas nama pribadinya. Dengan uang yang ia manfaatkan dari para sipir tersebut, ia berhasil lolos dan melarikan diri dari jeratan jeruji besi, dan mewujudkan cita-citanya untuk hidup bebas.

Sebelum Andy berhasil lolos dan melarikan diri, di dalam penjara ia sempat bertemu dengan salah satu saksi yang dapat membantunya di persidangan. Saksi tersebut ialah Tommy (Gil Bellows), yang mengaku bahwa ia kenal dengan pembunuh istri Andy dan selingkuhan mendiang istrinya. Namun sayang, sebelum Tommy bersaksi dan membantu Andy, ia sudah terlebih dahulu dibunuh dengan cara di tembak .

Film yang penuh dengan drama dan polemik ini pun berhasil memenangkan 12 penghargaan di berbagai ajang bergengsi. Namun sayang, Shawshank Redemption harus kalah melawan Forest Gump dalam penghargaan Oscar. Shawshank Redemption tidak berhasil memenangkan satu pun penghargaan di ajang Oscar.

Meski demikian film Shawshank Redemption berhasil menjadi film terbaik sepanjang masa versi IMBD dengan berhasil meraih rating 9.3. Tidak hanya itu saja, Rotten Tomatoes bahkan memberikan rating 98% untuk film Shawshank Redemption.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here