Sri Asih, superhero wanita pertama Indonesia
Sri Asih, superhero wanita pertama Indonesia

Sukses dengan Gundala sebagai superhero pertama Bumilangit Cinematic Universe (BCU), kali ini sosok superhero wanita siap diproduksi. Sri Asih, sosok cantik yang akan diperankan oleh Pevita Pearce siap menjadi film superhero wanita pertama Indonesia.

Karakter Sri Asih yang menjadi bagian dari jagat Bumilangit Cinematic Universe (BCU), merupakan karakter komik yang dibuat oleh R.A. Kosasih. Komik Sri Asih pertama kali terbit pada tahun 1954 oleh Penerbit Melodie di Bandung.

R.A. Kosasih, pengarang komik dan pembuat karakter Sri Asih
R.A. Kosasih, pengarang komik dan pembuat karakter Sri Asih

Nama asli dari Sri Asih ini sebenarnya Nani Wijaya, seorang gadis yang mempunyai dua kepribadian. Ia merupakan gadis dari keturunan kaya raya. Nani Wijaya merupakan sosok gadis lugu yang kerap kali dikucilkan oleh teman-temannya. Namun, dibalik keluguannya, Nani Wijaya dapat berubah menjadi sosok wanita super ketika mengucapkan mantra sakti, Dewi Asih. Jika dia sudah menyebutkan kata tersebut, maka sosoknya akan berubah menjadi Sri Asih, bukan Nani Wijaya.

Sebagai wanita berkekuatan super, Sri Asih memiliki kemampuan dan keahlian yang dikenal dengan nama Triwikrama, yaitu kemampuan untuk menggandakan diri dan memperbesar tubuhnya. Selain itu, Sri Asih juga memiliki kemampuan untuk terbang.

Sri Asih, superhero wanita pertama Indonesia
Sri Asih, superhero wanita pertama Indonesia

Tak lengkap rasanya jika sosok pahlawan super tidak memiliki seorang musuh, begitu juga dengan Sri Asih. Dia memiliki seorang musuh yang dikenal dengan nama Serigala Hitam. Serigala Hitam inilah yang menjadi musuh bebuyutan Sir Asih yang digambarkan oleh R.A. Kosasih.

Selain musuh bebuyutan, penggambaran sosok Sri Asih ini termasuk paling tradisional dan Indonesia. Pasalnya dari segi pakaian, hiasam, hingga senjata pun sangat Indonesia sekali. Mulai dari pemakaian kemben, sumping (hiasan telinga), dan juga selendang berwarna merah.

Sri Asih, superhero wanita pertama Indonesia
Sri Asih, superhero wanita pertama Indonesia

Jangan salah, sumping dan juga selendang merah yang menghiasi Sri Asih ini memiliki kemampuan yang luar biasa loh. Seperti sumping yang mengiasi telinga Sri Asih, aksesoris tersebut ternyata memiliki kemampuan untuk mendengar suara rakyat dan menyaring suara yang perlu didengar atau tidak. Sementara selendang merah dipercaya sebagai senjata mematikan yang dimiliki oleh Sri Asih.

Cerita mengenai sosok superhero wanita Indonesia ini pernah diangkat ke layar lebar tahun 1954.  Saat itu film Sri Asih berwarna hitam putih, dengan Turino Djunaedy sebagai sutradara. Sementara itu pemeran sosok Sri Asih diperankan oleh Mimi Mariani.

Turino Djunaedy dan Mimi Mariani

Film Sri Asih kini kembali akan dibuat ke layar lebar dengan versi yang lebih baik. Bersama dengan Bumilangit Studios, Sri Asih akan dikemas dengan cerita yang lebih berwarna, salah satunya pemilihan tokoh Sri Asih sendiri. Nama Pevita Pearce terpilih menjadi aktris yang akan berperan sebagai Sri Asih. Kabarnya film ini akan tayang pada 2020 mendatang, namun masih belum bisa dipastikan akan seperti apa film terbaru dari Bumilangit Studios ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here