Sindang Reret Ciwidey merupakan salah satu tempat di kawasan Bandung yang menawarkan penginapan dan juga restaurant. Tempat ini di bangun oleh pasangan suami-isteri, (Alm) H.S Hermawan dan Hj Itje Sumartini. Berada di Bandung, pasangan suami-isteri ini membangun tempat penginapan dengan gaya sunda yang kental.

Mulanya, Sindang Reret Ciwidey ini hanyalah sebuah rumah makan sederhana yang didirikan oleh pasangan suami-isteri. Tak disangka usaha bisnis kuliner yang didirikan oleh mereka pun mendapat respon baik dari masyarakat sekitar. Hingga akhirnya rumah makan sederhana tersebut berkembang menjadi sebuah Restaurant. Restaurant ini pun memiliki nuansa dan ciri khas yang kental dengan gaya sunda.

Menu makanan Sindang Reret Ciwidey (Foto: Kabarsidia/Nurul)

Seiring berjalannya waktu dan mengikuti perkembangan zaman, Sindang Reret Ciwidey ini pun mengalami perkembangan. Tidak hanya bergerak dibidang kuliner saja, Sindang Reret Ciwidey melebarkan usahanya dengan membangun tempat penginapan, yang juga menggunakan nama Sindang Reret Ciwidey.

Baca Juga : Destinasi Kulineran bersama sidia-Nara Park Bandung

Nama Sindang Reret Ciwidey ini pun di ambil dari bahasa sunda, Sindang yang berarti mampir sedangkan Reret berarti melirik. Pemilihan nama ini pun tidak semata untuk menarik perhatian para pengunjung saja, namun para pengunjung di harapkan dapat menikmati aneka ragam sajian istimewa dari Sindang Reret Ciwidey.

Secara sejarah singkat, Sindang Reret Ciwidey ini didirikan dan dibangun pada bulan Agustus 1973, di kawasan Bandung Selatan, Ciwidey. Mengusung konsep “The Heritage of Sundanesse Culinary and Culture”, Sindang Reret Ciwidey sudah menjadi salah satu tempat singgah bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Salah satu pilihan kamar Sindang Reret Ciwidey (Foto: Kabarsidia/Nurul)

Berdiri diatas tanah seluas sekitar 10 hektar, Sindang Reret Ciwidey menyediakan berbagai tipe kamar hotel dan menu andalan. Secara keseluruhan, Sindang Reret Ciwidey menyediakan 24 kamar, dimana pada tiap kamarnya memiliki unsur sunda yang khas dengan ornamen anyaman dan kayu. Uniknya, pada tiap kamar disediakan ruang makan dengan desain kursi lesehan.

Pada bagian kamar dengan ragam tipe juga sudah dilengkapi dengan televisi, pendingin ruangan (AC), hingga fasilitas lainnya seperti wifi dan kamar mandi yang cukup luas. Sindang Reret Ciwidey juga memiliki lahan parkir yang cukup luas, sehingga bagi para tamu tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraannya.

Salah satu pilihan kamar Sindang Reret Ciwidey dengan Kamar Mandi yang luas (Foto: Kabarsidia/Nurul)

Terletak di kawasan Bandung yang dikenal dengan hawa sejuk dan asrinya, Sindang Reret Ciwidey pun menyuguhkan hal yang asri dan khas dengan nuansa pedesaan. Rimbunnya pepohonan membuat para tamu akan betah dan ingin berlama-lama di Sindang Reret Ciwidey.

Mengawali sejarahnya sebagai tempat makan khas sunda, Sindang Reret Ciwidey juga menyajikan beragam menu andalan yang bisa dinikmati. Salah satu menu andalan yang di tawarkan oleh Sindang Reret Ciwidey Ciwidey ialah Bakakak Hayam Parahyangan dan juga jengkol goreng yang lain dari biasanya.

Fasilitas bangku 'lesehan' di Sindang Reret Ciwidey (Foto: Kabarsidia/Nurul)
Fasilitas bangku ‘lesehan’ di Sindang Reret Ciwidey (Foto: Kabarsidia/Nurul)

Tidak hanya tersedia di kawasan Bandung Selatan, Ciwidey saja, Sindang Reret juga tersebar di beberapa daerah lainnya seperti  Sindang Reret Surapati, Sindang Reret Cikole Lembang dan Sindang Reret Karawang.

Penasaran bagaimana sensasi menginap dengan gaya khas sunda yang kental, sambil menikmati sajian ragam kuliner masakan sunda dengan nuansa alam terbuka? Mampir saja ke Sindang Reret Ciwidey Ciwidey yang terletak di Jl. Raya Provinsi Ciwidey, Pasirjambu, Tenjolaya, Bandung Jawa Barat, 022 – 5928 305.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here