Image:RollingStone.com

Sinead Marie Bernadette O’Connor atau lebih terkenal dengan nama Sinead O’Connor adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Republik Irlandia yang terkenal diakhir tahun 1980-an, dengan album debut “The Lion And Cobra”.

O’Connor mencapai kesuksesan diseluruh dunia pada era 1990 dengan lagu “Nothing Compares 2 U”, dari album I Do Not Want What I Haven’t Got.

Lagu ini menjadi no 1 di 17 negara. Gile, sebuah prestasi yang ga bisa dianggap enteng.

Sebuah lagu dengan penulisan judul yang unik, dimana kata “To” diganti dengan angka “2”. Dan itu memang gaya Prince memberikan judul pada lagu-lagunya, seperti “I would die 4 U” dan “If I Love U 2 Nite”. Hanya Prince yang kepikiran melakukan ini, emang ga salah kalo ia dianggap jenius di musik deh.

Nothing Compares 2 U diciptakan Prince, yang diyakini O’ Connor sebagai lagu tentang kehilangan. Lagu ini memiliki arti baru setelah kematian Prince.

Lagu ini dikenal sebagai lagu patah hati terbaik yang pernah ditulis dan juga dianggap sebagai salah satu hits terbaik sepanjang masa.

Lagu itulah yang memberikan O’Connor sebuah Grammy Award, namun ia menolak datang ke acara tersebut dengan alasan memprotes komersialisme Grammy Award.

Video musik nya pun nggak luput dari penghargaan, sebagai Video of The Year MTV Awards. Inget nggak saat O’Connor menangis di video itu? Ia mengakui bahwa di video itu ia memang benar-benar menangis, padahal awalnya ia tidak terpikir untuk menangis dan saat air matanya keluar ia pun membiarkan hal itu terjadi sambil terus bernyanyi.

Bagi O’Connor, Nothing Compares 2 U juga dianggap sangat universal dalam mengungkapkan rasa emosional karena bercerita tentang kehilangan – sesuatu yang bisa memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang.

Sejak saat itu, dia terus mempertahankan karirnya dalam bernyanyi. Mulai dari rilis album solonya yang ke sembilan, O’Connor melakukan pekerjaan lainnya, antara lain membuat album single, menciptakan lagu-lagu untuk film (soundtrack), atau berkolaborasi dengan banyak seniman, dan bahkan sering kali muncul dikonser amal penggalangan dana.

Disaat semua wanita menginginkan rambutnya menjuntai panjang nan indah, Sinead O’Connor, malah mencukur rambutnya hingga telihat seperti seorang pria. Saat dia mencukur pertama kali rambutnnya, banyak pernyataan keluar dari masyarakat tentang tindakannya itu.

Namun, O’connor akhirnya menanggapi pernyataan negatif tersebut, “Saya merasa seperti bukan diri saya sendiri jika rambut saya tidak dicukur, dan saya akan memiliki rambut seperti ini sampai saya tua.”

Adakah yg pernah mencoba hair style ala Sinead O’Connor pada saat itu?

Kalo gue sih…mundur dengan langkah tegap deh.

Albums :

  1. The Lion and the Cobra (1978)
  2. I Do Not Want What I Haven’t Got (1990)
  3. Am I Not Your Girl? (1992)
  4. Universal Mother (1994)
  5. Faith and Courage (2000)
  6. Sean-Nós Nua (2002)
  7. Throw Down Your Arms (2005)
  8. Theology (2007)
  9. How About I Be Me (And You Be You)? (2012)
  10. I’m Not Bossy, I’m the Boss (2014)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here