Kawasan perkantoran di Jakarta khususnya daerah Bidakara, Jakarta Selatan pada era 80-an memiliki primadona Siomay khas yang unik. Tak hanya unik dari segi rasanya, namun dari nama yang dipakai hingga melegenda pun membuat masyarakat selalu mengingatnya, yakni Siomay Gondrong Bidakara.

Tepatnya pada tahun 1960an seorang laki-laki bernama Tarsan (almarhum) memutuskan untuk merantau ke Ibu Kota, Jakarta. Ia memutuskan untuk tinggal di daerah Cipinang Besar, Jatinegara, Jakarta Timur. Mengadu nasib di Ibu Kota, Tarsan memutuskan untuk berjualan Siomay. Hanya dengan bermodalkan sepeda, Tarsan mulai mengayuh sepedanya menuju kawasan perkantoran Ibu Kota, tepatnya di Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Sedikit demi sedikit pundi-pundi uang pun berhasil dikumpulkan oleh Tarsan. Hingga pada akhirnya sekitar tahun 1970-an, Tarsan memberanikan diri untuk membuka outlet siomay pertamanya. Hotel Bidakara lah tempat pertama siomay Tarsan berdiri, tepatnya di kantin atas hotel bidakara. Memiliki rambut yang gondrong, membuat Tarsan memutuskan untuk menggunakan nama Siomay Gondrong Bidakara untuk usaha kulinernya.

Menariknya, Siomay Gondrong Bidakara ini menjadi sangat terkenal berkat nama dan kelezatan bumbu kacangnya yang kental. Hal tersebutlah yang membuat para pelanggan untuk kembali lagi untuk mencicipi Siomay Gondrong Bidakara milik Tarsan. Terbukti dengan tagline yang ia gunakan untuk Siomay Gondrong Bidakara, yakni ‘nyoba sekali, ketagihan lagi’.

Harga satu porsi untuk Siomay Gondrong Bidakara ini dibandrol mulai dari harga Rp10,000 sampai Rp15,000. Namun harga tersebut pastinya mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Tapi tenang saja, Siomay Gondrong Bidakara ini tetap memprioritaskan cita rasa ikan yang khas, serta saus kacang yang kental dan tidak berubah sejak berdirinya Siomay Gondrong Bidakara. Sama halnya dengan Siomay kebanyakan, Siomay Gondrong Bidakara juga dilengkapi dengan pare, tahu, teluh dan juga kol

Kesuksesan mendirikan serta membesarkan Siomay Gondrong Bidakara ini, akhirnya membuahkan hasil. Pasalnya, tidak hanya di outlet hotel Bidakara saja anda bisa temukan Siomay Gondrong ini, tapi saat ini sudah tersebar hampir di penjuru Jakarta. Hal tersebut karena Siomay Gondrong Bidakara membuka cabang dan frinchise. Jadi kalau anda menemukan pedagang Siomay Gondrong menggunakan motor, gerobak ataupun sepeda dengan tulisan Siomay Gondrong kemungkinan itu cabang atau frinchise yang sudah dibangun oleh Siomay Gondrong Bidakara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here