Penggemar musik metal tentu sudah tidak asing dengan band yang tampil menggunakan topeng? Ya mereka adalah Slipknot, band dengan aliran heavy metal yang berasal dari Des Moines, Lowa. Selain dikenal sebagai band yang beraliran heavy metal, Slipknot juga dikenal sebagai band dengan unsur horor yang sangat kental.

Slipknot terbentuk pada bulan September 1995. Saat itu Shawn Crahan bersama anggota lainnya belum menggunakan nama Slipknot sebagai nama beken mereka. Kala itu, nama Meld menjadi nama pertama yang disandang oleh band dengan unsur horor ini. Seiring berjalannya waktu, di penghujung tahun 1995, Shawn Crahan CS pun mengubah nama panggung mereka menjadi Slipknot.

Bukan hanya mengubah nama panggung saja, Slipknot juga kerap kali bongkar pasang anggota hingga tahun 1999. Posisi awal dari band asal Des Moines ini adalah Paul Gray (bass), Anders Closefini (vokal), Donnie Steele (gitar), Shawn Crahan (drum), dan Ku Nong (gitar).

Formasi awal yang dibentuk oleh Crahan dan Closefini ini nyatanya tidak mampu bertahan lama. Beberapa bulan setelah dibentuk, Ku Nong sebagai pemetik gitar mengundurkan diri, posisinya digantikan oleh Joey Jordison. Namun, Joey bukan mengisi posisi sebagai gitaris, ia justru menjadi penggebuk drum dan Crahan pindah posisi menjadi pemain perkusi. Sementara itu posisi gitaris yang kosong diisi oleh anggota baru yaitu Josh Brainard.

Dengan formasi yang dirasa lengkap dan pas ini, Slipknot pun memutuskan untuk merilis album pertama yang juga menandakan mereka sebagai musisi. Album pertama mereka pun diberi judul ‘Mate. Feed. Kill. Reapet’.

Pasca merilis album pertamanya, Slipknot pun mencoba peruntungan dengan mengikuti sebuah kompetisi musik Battle of Bands. Saat itu band-band papan atas yang berasal dari Des Moines turut serta mengikuti kompetisi tersebut. Crahan CS pun tidak gentar. Mereka membuktikan dengan memboyong kemenangan sebagai juara pertama dalam kompetisi Battle of Bands.

Setahun setelah meniti karir, sang gitaris Donnie Steele memutuskan untuk meninggalkan Slipknot. Posisinya pun digantikan oleh Craig Jones. Namun masuknya Jones sebagai gitaris ini membuat dirinya justru lebih tertarik untuk mengisi posisi samples. Dirinya pun digantikan oleh Mick Thompson. Dengan formasi barunya inilah nama Slipknot semakin dikenal oleh publik.

Memasuki usia dua tahun berkarir dengan bongkar pasang anggota. Slipknot kembali menemukan talenta baru untuk direkrut menjadi anggota. Dia adalah DJ Sid Wilson, yang bertemu dengan Slipknot di acara Dodfest. Bukan hanya DJ Sid Wilson saja, Slipknot juga tertarik dengan suara dari vokalis Stone Sour, Corey. Tak menunggu waktu lama, Corey pun sepakat untuk bergabung bersama dengan Slipknot.

Bersama dengan Corey, Slipknot pun mendaur ulang album pertamanya, ‘Mate. Feed. Kill. Reapet.” Namun sayang, Closefini tak lama hengkang dari Slipknot karena menganggap dirinya banyak ketinggalan dari anggota lainnya. Perekrutan anggota baru pun kembali di gelar, hingga nama Greg ‘Cuddles’ Welts pun bergabung.

Berbagai upaya untuk mempertahankan posisi anggota telah di lakukan oleh Slipknot. Di tahun 1998, Cuddles di pecat oleh Slipknot. Ia menjadi satu-satunya anggota yang dikeluarkan dari band. Posisinya pun digantikan oleh Chris Fehn. Di penghujung akhir tahun 1998, Josh Brainard memutuskan untuk keluar dari band, posisinya digantikan oleh James Root satu tahun kemudian.

Sejak tahun 1999, Slipknot sudah tidak pernah merombak anggota band hingga saat ini. Di tahun 1999 juga mereka merilis album self-titled. Selama berkarir nama Slipknot pernah mendapatkan penghargaan dari ajang Academy Awards sebagai Best Metal Performance tahun 2006 untuk lagu ‘Before I Forget’.

Sejauh ini, Slipknot telah merilis 5 buah album mulai dari Slipknot (1999), Lowa (2001), Vol 3: (The Subliminal Verses) (2004), All Hope Is Gone (2008), dan 5: The Gray Chapter (2014). Slipknot berencana merilis album terbarunya dengan nuansa lebih heavy, dark, ganas dan metal. Bukan hanya merilis album terbaru, Slipknot juga merilis topeng terbaru untuk menyambut perilisan album keenam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here