Terbentuk di Chicago, tahun 1988 Smashing Pumpkins adalah salah satu band alternatif yang di era 90an yang sangat sukses. Setelah melalui naik turun dan perpecahan anggotanya, kini Billy Corgan, James Iha dan Billy Chamberlin (formasi awal band ini – minus D’Arcy) dibantu gitaris Jeff Schroeder yang sudah lama bekerjasama dengan mereka, mengumumkan akan merilis album anyar berjudul “SHINY AND OH SO BRIGHT VOL. 1 / LP: NO PAST. NO FUTURE. NO SUN.” pada 16 November 2018 melalui label NAPALM Records.

(Source: Pitchfork.com, photo : Linda Strawberry)

Corgan, Iha dan Chamberlin kembali bergabung setelah 18 tahun yang lalu terakhir kali mereka bersama. Jimmy Chamberlin ikutan rekaman album Smashing Pumpkins Zeitgeist, di tahun  2007 dan ini juga pertama kalinya James Iha kembali ke Smashing Pumpkins setelah album MACHINA di tahun 2000. Album baru ini direkam di Shangri La Studios di awal tahun 2018 dan diproduseri oleh Rick Rubin, produser legendaris bertangan dingin.

(Source: Smashing Pumpkins.com)

Setelah “Solara” single pertama dari album baru dirilis pada Agustus lalu, kini Smashing Pumpkins merilis single kedua “Silvery Sometimes (Ghosts)”. Lagu yang saat didengar akan mengingatkan kita pada sound lagu-lagu Smashing Pumpkins di era 90an. Corgan pun dalam interview baru-baru ini di sebuah radio di Amerika, membandingkan album anyar ini dengan album “Pisces Iscariot”, tahun 1994.

Dengan penjualan lebih dari 30 juta album terjual diseluruh dunia, peraih penghargaan GRAMMY®, MTV VMA, dan American Music Award, Smashing Pumpkins menjadi salah satu band paling berpengaruh di musik rock hingga saat ini.

Berikut ini full track list dari album baru mereka.

1. Knights of Malta
2. Silvery Sometimes (Ghosts)
3. Travels
4. Solara
5. Alienation
6. Marchin’ On
7. With Sympathy
8. Seek And You Shall Destroy

Dengarkan lagu terbaru Smashing Pumpkins “Silvery Sometimes (Ghosts)” dibawah ini yang akan membawa kembali ke masa-masa 90an dulu. Bersiaplah menyambut kembali kehadiran lagu-lagu alternatif 90an dari Smashing Pumpkins!

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here