Sop Senerek Bu Atmo Magelang

Magelang merupakan salah kota yang berada di Jawa Tengah yang juga dikelilingi oleh banyak gunung. Berada disekeliling gunung, Magelang pun juga memiliki kudapan bersejarah yang sudah hadir sejak 1973. Kudapan itu adalah Sop Senerek Bu Atmo.

Terletak di Jalan Mangkabumi no.3, Sop Senerek Bu Atmo merupakan salah satu pionir dari kudapan hangat khas Magelang. Sop Senerek ini hadir dan melegenda di kota Magelang sejak jaman penjajahan kolonial Belanda. Bahkan nama Senerek sendiri diambil dari bahasa Belanda yakni Snert yang berarti kacang polong.

Bu Atmo sebagai pendiri dari Sop Senerek di kota Magelang ini sudah menjajakan dagangannya sejak tahun 1973 silam. Sebelum mematenkan tempat makannya di sebuah tempat, Bu Atmo sudah lebih dulu menjajakan dagangannya di sebuah warung kecil yang terletak di Jalan Veteran.

Sop Senerek Bu Atmo Magelang

Sop Senerek ini merupakan sop yang dilengkapi dengan aneka ragam pilihan daging. Mulai dari daging sapi, daging ayam, dan juga babat. Penyajian sop senerek ini sendiri menggunakan kuah kaldu segar, yang di dalamnya juga terdapat bahan-bahan tambahan lainnya, seperti wortel, bayam dan kacang polong atau kacang merah.

Hadir sejak jaman kolonial Belanda, Sop Senerek yang mulanya berbahan dasar kacang polong ini pun seiring waktu mengalami perubahan. Keberadaan kacang polong yang dinilai jarang inilah membuat Bu Atmo menggantinya dengan kacang merah.

Untuk melengkapi seporsi sop senerek, di warung Bu Atmo juga menyediakan lauk pendamping yang cocok disantap bersama sop senerek. Lauk pendamping itu antara lain tempe bacem, tahu bacem dan juga sate keong yang sudah dibumbui.

Sop Senerek Bu Atmo Magelang

Selain menyajikan menu andalan berupa sop senerek, Bu Atmo juga memiliki minuman andalan yang kerap kali menjadi incaran para warga maupun wisatawan. Minuman andalan ini adalah beras kencur. Yang menjadikan beras kencur ini berbeda dari lainnya ialah cara penyajiannya yang menggunakan es, sehingga beras kencur ini berbeda dari jamu kebanyakan yang dihidangkan secara hangat.

Sop senerek Bu Atmo juga menyediakan menu lain yang bisa disantap selain sop. Salah satunya adalah nasi brongkos. Nasi brongkos ialah perpaduan antara nasi putih hangat dengan lauk berupa kikil yang diberi bumbu berwarna hitam, mirip dengan semur.

Sebagai pionir sop senerek di kota Magelang, Bu Atmo hanya mematok harga sekitar Rp13,000 untuk satu porsi sop senerek lengkap dengan nasi, dan Rp6,000 untuk segelas es beras kencur. Jika Anda sedang mengunjungi kota Magelang atau melintasi kota Magelang, sempatkan diri untuk mampir dan mencicipi Sop Senerek Bu Atmo yang legendaris ini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here