“Gubrak!!” eits… jangan emosi dulu, gubrak yang satu ini nggak bakalan bikin kamu emosi kok. Meski pun suka ngagetin dengan suara gubraknya, makanan ini merupakan panganan favorit yang bernama unik yaitu Soto Gebrak. Sesuai namanya, soto ini disajikan dengan selalu menggebrak papan kayu di dekat tempat menaruh soto oleh sang pedagang.

Soto memang makanan yang dapat ditemukan dengan mudah di pinggir jalan ataupun di restoran. Tapi tidak dengan soto gebrak, karena soto gebrak memiliki depot tersendiri dan pedagangnya tersebar tidak terlalu banyak seperti soto-soto yang lain.

Soto gebrak berbeda dengan soto lainnya karena penyajiannya cukup unik, saat proses penyajian selalu terdengar suara gubrak!. Suara itu berasal dari bantingan botol kecap di atas papan kayu saat penjual meracik soto.

Tempat Meracik Soto Gebrak

Suara gebrakan yang cukup keras mampu membuyarkan lamunan dan pastinya dapat membuat jantung berdebar-debar karena kamu sudah pasti kaget mendengar gebrakannya. Nah, dari bunyi botol kecap yang di gebrak-gebrak itulah melahirkan nama Soto Gebrak.

Jadi apabila gebrakan tersebut memancing emosi, setidaknya dari kelezatan cita rasa soto gebrak kamu tidak akan jadi emosi lantas marah kok. Justru kamu jadi happy karena perut dan lidah dimanjakan dengan nikmatnya soto gebrak.

Makanan yang disajikan di Soto Gebrak antara lain aneka sop dan soto, seperti soto daging, soto ayam dan rawon. Selain Soto Gebrak, ada juga menu sampingan yang tak kalah nikmat yakni perkedel, sate telur muda, sate empal goreng, sate usus ayam goreng,sate udang goreng dan sate ati-ampela. Pertusuknya dijual sekitar 2000-4000 rupiah.

Aneka Sate dan Perkedel di Kedai Soto Gebrak

Khusus buat kamu yang belum pernah mencoba sensasi makan soto gebrak, bisa mengunjungi kedainya di daerah Tebet dan Kuningan, Jakarta Selatan. Di Jalan Margonda, Depok juga ada lho. Kalau mau berkunjung ke soto gebrak jangan lupa persiapkan diri supaya nggak kagetan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here