Sebelum film Power Rangers hadir dan menjadi sebuah film yang paling disukai oleh masyarakat luas dari remaja hingga kanak-kanak, ada sebuah film yang favorit berjudul Space Sheriff Gavan (aka – Gaban) yang ditayangkan di TV Asahi dari tanggal 5 Maret 1982 sampai dengan 25 Februari 1983. Selain serial TV, Uchuu Keiji Gavan telah dua kali diangkat menjadi film layar lebar berjudul Gokaiger Vs Gavan perdana tayang pada 21 Januari 2012 dan Gavan The Movie tayang pada 20 Oktober 2012.

Baca juga: Megaloman: Sosok Superhero Rambut Api dari Era 80-an

Space Sheriff Gavan berkisah tentang bumi yang diserang oleh Kekaisaran Makuu yang dipimpin oleh Don Horror. Space Cop Gabin muncul dari Planet Burung dan diminta untuk mempertahankan bumi. Ia dibantu oleh Mimi dan diberi informasi oleh Qom. Agar tidak dikenali, Ia menyamar sebagai Retsu Ichijouji.

Film yang hits di era 80-an ini tentunya tak kalah tenar dan seru dari Serial Power Rangers. Bahkan, Space Sheriff Gavan tak hanya tayang di televisi saja, tapi juga tayang sebagai film bioskop. Film Space Sheriff Gavan The Movie dibuat untuk merayakan 30 tahun Space Sheriff Gavan. Begitu juga dengan para pemeran utamanya, yang beberapa di antaranya merupakan wajah lama dalam dunia tokusatsu.

Lima belas tahun yang lalu, tiga sahabat masa kecil yaitu Geki, Sherry dan Okuma memiliki cita-cita yang sama yaitu pergi ke luar angkasa. Saat dewasa, Geki dan Okuma bergabung dalam sebuah misi ke planet Mars, namun pesawat ulang alik mereka menghilang sebelum sampai di tujuan. Setahun kemudian, monster menyerang namun muncul seorang pahlawan misterius berwarna perak.

Retsu Ichijouji (Uchuu Keiji Gavan) kini menjabat sebagai detektif khusus di Galactic Federation Police dan Geki berlatih untuk menjadi penggantinya. Sherry ternyata bergabung dengan SARD, sebuah organisasi yang memiliki misi memperluas eksplorasi luar angkasa dan bekerja bersama-sama JAXA. Kini Sherry sedang mengembangkan mesin Dolgiran baru.

Dalam edisi film bioskop, tak ketinggalan Gavan memiliki sebuah jurus baru yaitu Gavan Hyper Dynamic. Space Mafia Maku kembali muncul dan berencana menciptakan sebuah lubang cacing (wormhole). Dua Space Sheriff lainnya pun turun tangan untuk mengalahkan monster Lizard Doubler.

Baca juga: [Kilas Balik] SilverHawks Serial Anime Amerika Yang Pernah Tayang di Layar TVRI

Film ini dibuat menyusul kesuksesan dan popularitas karakter Gavan dalam film Kaizoku Sentai Gokaiger Vs. Uchuu Keiji Gavan awal tahun ini dalam meraih penggemar baru. Film yang akan diputar di Jepang mulai tanggal 20 Oktober ini akan disutradarai oleh Osamu Kaneda (Let’s Go KAMEN RIDERS, Super Hero Taisen) dan ditulis oleh Yuji Kobayashi (Ultraman Max, Gekiranger).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here