Mini 1000 Mark III
Mini 1000 Mark III

Melihat aksi konyol dari seorang aktor bernama Rowan Atkinson tentu saja mengingatkan kita pada sosok Mr. Bean. Aksi kocak dan konyol dari Atkinson ini kerap kali mengundang tawa dan kesal akibat tingkahnya yang tak terduga.

Dalam menjalankan kehidupannya, Mr. Bean dibekali dengan sebuah mobil mini klasik yang sangat menarik perhatian. Mobil itu juga digunakan olehnya untuk mengangkut peralatan rumahnya ketika ia pindah rumah. Lalu, bagaimanakah kemampuan dari mobil mini milik Mr. Bean tersebut?

Mini 1000 Mark III
Mini 1000 Mark III

Si mungil berwarna hijau ini menjadi hal menarik tersendiri lantaran memiliki desain yang klasik. Mobil yang digunakan oleh Mr. Bean ini adalah Mini 1000 MK 3, yang memiliki kemampuan cukup membanggakan.

Mini 1000 MK 3 ini biasa dikenal dengan nama Morris Mini Cooper, yang merupakan mobil produksi dari British Leyland. Mobil ini merupakan gagasan dari Sir Alec Issigonis yang juga merancang desain untuk jenis Austin.

Pada rancangan awalnya, Sir Alec mengembangkan desain dengan model ADO-15 untuk mobil Austin maupun Morris Mini Mark I dan Mini Mark II. Sementara mobil Mr. Bean ini dibekali dengan desain terbaru, yakni ADO-20 yang merupakan pengembangan dari ADO-15.

Mini 1000 Mark III
Mini 1000 Mark III

Ukuran mini yang ditawarkan untuk Mini Mark III ini pun dilengkapi dengan konsep hatchback dengan menggunakan dua pintu utama. Sementara ukuran mungilnya memiliki dimensi panjang 3 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi hanya 1,3 meter saja. Mungil sekali untuk ukuran satu buah mobil dengan desain klasik ini ya?

Meskipun memiliki ukuran yang mungil, bobot berat kendaraan ini bisa mencapai 617 kg dan mampu menampung beban hingga 315 kg loh. Terbayang nggak bagaimana sesaknya mobil ini jika dipenuhi belanjaan kalian?

Bukan hanya mungil pada ukuran saja, bagian kabin penumpang juga hanya memiliki ukuran selebar 1,1 meter. Tetapi untuk ruang kaki disediakan cukup lebar agar kaki tidak terlalu menekuk dan menimbulkan rasa nyeri saat menyetir. Sedikitnya penumpang yang dapat ditampung dalam satu buah mobil Mini Mark III ini maksimal 4 orang, dengan 3 dewasa dan 1 anak-anak.

Mini 1000 Mark III
Mini 1000 Mark III

Pada bagian belakang layaknya sebuah mobil pada umumnya, Mini Mark III ini juga dirancang untuk bisa menyimpan berbagai barang sebagai bagasi. Namun, ukurannya tidak terlalu besar, hanya 1 x 0,5 x 0,4 meter saja.

Untuk bagian kemudi, mobil ini dilengkapi dengan kemudi berdiameter cukup  besar yang juga dilengkapi dengan speedometer pada bagian tengah. Sementara untuk bagian tempat duduk, di setiap sisi jok belakang dipasang bantalan untuk meletakkan siku agar penumpang merasa nyaman. Tuas putar juga tersedia di bagian pintu mobil untuk mengatur jendela kaca.

Mini Mark III ini dilengkapi dengan mesin BMC Austin A-Series 998 cc dengan 4 silnder. Sementara untuk sistem kemudinya menggunakan FWD (four wheel driver) dengan transmisi 4 percepatan. Dengan mesin dan sistem kemudi tersebut, mobil mungil ini mampu menempuh kecepatan hingga 128km/jam. Selain itu, mobil ini juga terkenal cukup irit dengan penggunaan bahan bakar.

Mobil klasik khas Mr. Bean ini dirilis dengan 3 varian yang berbeda, yakni dua varian dengan menggunakan transmisi manual dan otomatis, sementara satu varian lain di rilis dalam versi Mini 1000 Stripey LE dengan tampilan lebih sporty.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here